Logo BeritaSatu

Pandemi Covid-19 Menghantam Pariwisata Bali

Kamis, 9 April 2020 | 00:00 WIB
Oleh : I Nyoman Mardika / LES

Denpasar, Beritasatu.com – Pandemi Covid-19 cukup keras memukul sektor pariwisata. Terlebih bagi Bali yang 53 persen pendapatan daaerahnya bergantung pada sektor tersebut. Sementara itu angka kunjungan wisatawan mancanegara terjun bebas dari belasan ribu per hari menjadi hampir tidak ada.

“Normalnya kalau melihat tahun 2019, bulan Februari-Maret ini, kunjungan wisatawan itu mencapai 11.000 per hari. Kalau sekarang yang datang cuma 500, itupun WNI. Kalau wisatawan mancanegara sudah tidak ada lagi,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, I Putu Astawa di Denpasar, Kamis (9/4/2020).

Kalaupun ada 1-2 orang WNA yang datang ke Bali, Astawa menyebut mereka adalah ekspatriat yang memang tinggal di Pulau Dewata. Kunjungan wisman yang hampir nol ini akibat Covid-19 yang sudah menginfeksi hampir semua negara di dunia. Sehingga negara-negara di dunia mengeluarkan kebijakan isolasi agar warganya tidak bepergian.

Apalagi pemerintah Indonesia yang sementara ini juga masih menutup kunjungan turis ke dalam negeri. “Praktis kunjungan kita sangat menurun,” katanya.

Astawa memaklumi kebijakan yang diambil sejumlah negara termasuk Indonesia untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih meluas lagi. Kendati, pihaknya mengakui keluhan-keluhan sudah mulai muncul di sektor pariwisata Bali.

Mengingat, sektor ini menyerap tenaga kerja paling banyak. Baik itu dari masyarakat Bali maupun luar Bali. Tidak hanya pada hotel dan restoran, tapi juga guide, travel agent, destinasi, hingga UMKM yang biasa menyediakan suvenir. “Keluhan sudah pasti. Jadi sangat terasa sekali dengan pariwisata sebagai leading sector untuk ekonomi Bali,” jelasnya.

Data Dinas Pariwisata Bali, terdapat 146.000 kamar dari 4700 hotel yang ada di Pulau Dewata. Di tengah pandemi global Covid-19, hanya sebagian kecil hotel yang masih buka. Menurut Astawa, sebagian pegawai hotel kini jam kerjanya sudah mulai dikurangi.

Itupun dengan tingkat okupansi yang sangat rendah. “Dari data yang kami peroleh, hampir 90 persen saat ini hotel-hotel kita tidak ada tamu alias ditutup. Tapi maintenance untuk pemeliharaan kebun, alat-alat, kebersihan, itu tetap masih berjalan,” ujar Astawa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KIB Disarankan Usung Capres dan Cawapres dari Hasil Konvensi

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) disarankan mengusung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari hasil konvensi.

NEWS | 5 Oktober 2022

Indra Kenz Dituntut 15 Tahun Penjara, Korban: Kami Puas

Terdakwa Indra Kesuma alias Indra Kenz dituntut 15 tahun penjara oleh JPU, Rabu (5/10/2022), di PN Kota Tangerang

NEWS | 5 Oktober 2022

Rizky Billar Pernah Lempar Lesti Kejora dengan Bola Biliar

Polisi mengungkap Rizky Billar pernah melempar bola biliar ke Lesti Kejora. Hal itu diungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Endra Zulpan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka Kasus Gagal Bayar KSP Sejahtera Bersama

Penyidik Tipideksus Bareskrim Polri menetapkan ketua pengawas dan anggota pengawas KSP Sejahtera Bersama berinisial IS dan DZ sebagai tersangka.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pekan Ini Airlangga Akan Bertemu Puan Maharani

Ketua DPP PDIP Puan Maharani melanjutkan safari politik dalam pekan ini dengan mengunjungi Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto

NEWS | 5 Oktober 2022

Aster Kasad Berharap Jajaran TNI AD Mampu Adaptif, Aktual dan Responsif

Aster Kasad, Mayjen TNI Karmin Suharna meminta Apkowil TNI AD tidak terlalu buta dengan perkembangan ekonomi secara global.

NEWS | 6 Oktober 2022

Bertemu Ketua Parlemen Ukraina, Puan Dorong Perdamaian dengan Rusia

Bertemu Ketua Parlemen Ukraina, Puan Maharani mendorong agar terciptanya perdamaian antara Ukraina dan Rusia yang hingga kini masih berperang.

NEWS | 6 Oktober 2022

TerateCash Wadahi Jutaan Pesilat PSHT dalam Aplikasi

PT Infesta Teknologi Indonesia merilis aplikasi TerateCash sebagai wadah anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

NEWS | 5 Oktober 2022

Nasdem Capreskan Anies, Airlangga Sebut Golkar Fokus KIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara soal langkah Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024

NEWS | 5 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Mulai Terjun ke Malang

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mulai terjun ke lapangan dalam rangka mengusut tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erick Thohir Temui Presiden FIFA di Doha

Erick Thohir Temui Presiden FIFA di Doha

BOLA | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings