Serunya Prajurit TNI dan Warga Panen Rambutan di Perbatasan Papua Nugini

Serunya Prajurit TNI dan Warga Panen Rambutan di Perbatasan Papua Nugini
Prajurit TNI di perbatasan RI-PNG memanen rambutan bersama warga binaan, Senin, 6 April 2020. (Foto: Istimewa)
Asni Ovier / AO Senin, 6 April 2020 | 22:27 WIB

Merauke, Beritasatu.com - Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG, membantu salah satu warga binaannya panen buah rambutan di Kampung Sipias, Distrik Eligobel, Kabupaten Merauke, Papua, Senin (6/4/2020).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya mengatakan, Kampung Sipias yang terletak di Distrik Eligobel, sekitar 200 km dari Kota Merauke, merupakan salah satu kampung transmigrasi di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini. Daerah itu dikenal sebagai wilayah penghasil rambutan dan ketika musim panen tiba masyarakat kampung disibukkan dengan kegiatan panen di kebun mereka.

“Personel Yonif 411 Kostrad Satgas Pamtas RI-PNG Pos Kotis yang dipimpin oleh Danton Waltis Letda Inf Moch Setyo Dwi Purnomo bersama enam anggotanya membantu panen rambutan di kebun milik Suwanto (53 tahun),” ucapnya.

Menurut Mayor Inf Rizky Aditya, membantu panen rambutan adalah untuk mempererat tali silaturahmi dan menciptakan kemanunggalan TNI dan rakyat. Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk dukungan untuk meningkatkan perekonomian warga binaan.

“Kegiatan seperti ini dapat memupuk kebersamaan serta memberikan motivasi kepada warga supaya lebih bersemangat dan giat bekerja guna meningkatkan hasil panen yang lebih maksimal,” harapnya.

Suwanto yang merupakan pemilik kebun menyampaikan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad yang telah membantunya melaksanakan panen rambutan hingga mengantarkan hasil panen ke rumahnya. “Kehadiran Satgas Pamtas, yakni Pos Kotis di sini, sangat membantu kami. Mereka semua sudah seperti bagian dari masyarakat perbatasan, sekali lagi terima kasih banyak bapak-bapak TNI,” katanya.



Sumber: BeritaSatu.com