YPPA Harap Masyarakat Dukung Kebijakan Pemerintah Perangi Corona

YPPA Harap Masyarakat Dukung Kebijakan Pemerintah Perangi Corona
Ade Fitrie Kirana (Foto: istimewa)
Chairul Fikri / CAH Jumat, 3 April 2020 | 18:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak, Ade Fitrie Kirana berharap masyarakat memberikan dukungan terhadap setiap kebijakan pemerintah dalam memerangi pandemi corona (Covid-19). Menurutnya pemerintah pastinya sudah belajar dari setiap kebijakan negara lain yang juga berperang melawan corona.

Di India misalnya yang memberlakukan lockdown sehingga membuat masyarakat, pekerja non formal di kota besar pulang ke daerahnya.

"Ada anak-anak dan wanita yang harus berjalan kaki berkilo-kilo meter akibat tidak ada transportasi. Wanita dan anak-anak sangat rentan dengan dampak sosialnya. Untuk itu kita harus patuh dengan keputusan pemerintah pusat. Mari kita berikan kepercayaan kepada pemerintah," ungkap Ade dalam keterangannya, Jumat (3/4/2020).

Ade juga berharap pemerintah mencontoh keberhasilan Korea Selatan yang sukses menangani kasus corona dengan meningkatkan kesehatan masyarakatnya tanpa mengorbankan rakyatnya.

"Indonesia bisa meniru Korea Selatan yang tanpa melakukan lockdown, dengan penguatan public health. Kita bisa atasi pandemik, dan kami mohon agar pemerintah memberikan bantuan dan arahan yang jelas kepada masyarakat. Terpenting kita harus segera menemukan orang pembawa virus, maka penanganan secara medis dapat dilakukan secara cepat. Termasuk penanganan sosial ekonomi di wilayah tersebut," tandasnya.