Pemerintah Siapkan Rp 110 Triliun untuk Bantu Warga Terkena Dampak Pandemi Covid-19

Pemerintah Siapkan Rp 110 Triliun untuk Bantu Warga Terkena Dampak Pandemi Covid-19
Juliari Batubara. (Foto: Antara)
Ari Supriyanti Rikin / EAS Kamis, 2 April 2020 | 16:17 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara memastikan social safety net atau jaring pengaman sosial yang diberikan pemerintah bagi warga terkena dampak pandemi Covid-19 mencapai Rp 110 triliun. Bantuan tersebut merupakan perlindungan sosial dari negara kepada warganya.

Bantuan sosial ini ditujukan kepada mereka yang membutuhkan dan tergolong kurang mampu, serta sangat terdampak pandemi Covid-19.

"Jaringan pengaman sosial ini membuktikan negara benar-benar hadir untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Bantuan sosial diharapkan bisa meringankan beban mereka," kata Mensos dalam telekonferensi di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Selama ini program reguler yang memang sudah diberikan pemerintah seperti program keluarga harapan (PKH) dan program sembako sudah disalurkan.

Di samping itu akan ada program kartu pra kerja, diskon tarif listrik 50% untuk daya 900 watt dan gratis untuk 450 watt. Selain itu pemerintah juga akan memberikan subsidi bunga untuk masyarakat berpenghasilan rendah dalam kredit perumahan termasuk pula bantuan untuk usaha mikro kecil menengah.

"Kami sangat berharap kepala daerah melengkapi dan menambah program bantuan sosial sesuai arahan Presiden," ucapnya.

Adanya bantuan pengaman sosial ini diharapkan warga di daerah terdampak mendapat dukungan dan bantuan sehingga bisa meminimalisasi penderitaannya melalui program perlindungan sosial yang diberikan tersebut.

"Kami di gugus tugas bekerja keras dan terima kasih atas dukungan Ketua MPR. Kami memastikan pemerintah, legislatif semua bekerja keras untuk segera menangani wabah Covid-19 bisa segera berakhir," imbuhnya.



Sumber: BeritaSatu.com