Soal Larangan Umrah, Menkes Sebut Ada Opsi Lobi dengan Arab Saudi

Soal Larangan Umrah, Menkes Sebut Ada Opsi Lobi dengan Arab Saudi
Terawan Agus Putranto. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / RSAT Kamis, 27 Februari 2020 | 17:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan pemerintah Indonesia membuka opsi untuk melakukan negosiasi untuk melobi pemerintah Arab Saudi terkait keputusan penghentian sementara umrah.

“Ya namanya juga berusaha demi untuk rakyat pasti kita melakukan upaya-upaya seperti itu. Tapi caranya juga kan halus. Itu keputusan sebuah negara kita harus hormati. Tapi kan ngomong-ngomong kan enak, ya toh, negosiasi dan sebagainya,” kata Terawan Agus Putranto di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Menurut Menkes, pemerintah akan melakukan negosiasi dengan prinsip kehati-hatian untuk menghormati keputusan Arab. Meski sampai saat ini, belum ada satu pun warga di Indonesia yang positif virus Korona.

“Tapi kita enggak memaksakan diri karena itu sebuah keputusan, menghargai, supaya tak jadi preseden buruk di kemudian hari,” ujar Terawan Agus Putranto.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah Indonesia menghargai dan menghormati keputusan Pemerintah Arab Saudi yang menghentikan sementara ibadah umrah akibat adanya wabah virus Korona.

Karena keputusan tersebut diambil untuk menjaga kesehatan penduduk Arab Saudi dengan mencegah atau mengantisipasi masuknya virus Koron ke negara Arab Saudi.



Sumber: BeritaSatu.com