Jokowi Minta Peluncuran Kartu Prakerja di 3 Provinsi Dipercepat

Jokowi Minta Peluncuran Kartu Prakerja di 3 Provinsi Dipercepat
Kartu Prakerja ( Foto: Ismewa )
Lenny Tristia Tambun / FER Selasa, 25 Februari 2020 | 21:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta peluncuran Kartu Prakerja di tiga provinsi dipercepat. Adapun ketiga provinsi tersebut, yakni Bali, Sulawesi Utara (Sulut) dan Kepulauan Riau (Kepri).

Pemerintah Siapkan 42 Peraturan Turunan RUU Cipta Kerja

Menurut Airlangga, langkah percepatan peluncuran Kartu Prakerja ini dilakukan untuk memberikan stimulus agar daya beli masyarakat bisa bertahan dalam situasi ekonomi nasional akibat dampak virus korona.

"Yang pertama adalah arahan Bapak Presiden Jokowi untuk Kartu Prakerja akan dipercepat. Kartu Prakerja ini akan segera diluncurkan di tiga provinsi Bali, Sulawesi Utara dan Kepulauan Riau,” kata Airlangga Hartarto seusai ratas di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Saat ini, pemerintah sedang menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) yang akan dilanjutkan dengan pembentunan Project Managemen Office (PMO). Kemudian, akan disiapkan mekanismenya dari Kementerian Keuangan sehingga target pelaksanaan di tiga lokasi tersebut bisa segera dilaksanakan di bulan Maret ini.

Moeldoko: Kartu Prakerja Diluncurkan Bulan April 2020

"Dan juga dalam sistem tersebut, akan dilakukan pelatihan degnan menggunakan aplikasi online. Namun pelatihannya sendiri bisa offline. Untuk itu juga akan memanfaatkan pelatihan, baik yang ada di swasta atau pelatihan yang ada di pemerintah teramsuk didalamnya ada Kementerian Tenaga Kerja. Dan rencananya, kartu prakerja ini kan ditargetkan untuk dua juta pemanfaat. Dari jumlah tersebut, yang akan digunakan oleh Kementerian Tenaga Kerja sebanyak 500.000 penerima manfaat,” jelas Airlangga Hartato.



Sumber: BeritaSatu.com