Banjir, Sejumlah Kereta Api Jarak Jauh Alami Keterlambatan

Banjir, Sejumlah Kereta Api Jarak Jauh Alami Keterlambatan
Kereta api. ( Foto: Antara )
Thresa Sandra Desfika / JAS Selasa, 25 Februari 2020 | 15:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan sejumlah perjalanan kereta api (KA) jarak jauh mengalami keterlambatan akibat curah hujan tinggi di Jakarta dan sekitarnya sejak Senin (24/2) malam hingga Selasa (25/2) pagi yang menimbulkan banjir di beberapa titik.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, curah hujan tinggi itu berdampak keterlambatan perjalanan kereta api jarak jauh untuk keberangkatan Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota.

"Atas keterlambatan yang terjadi, PT KAI Daop 1 Jakarta memberlakukan pembatalan tiket kereta api atau bea pengembalian khusus bagi penumpang yang ingin membatalkan perjalanannya," ungkap Eva Chairunisa dalam keterangannya, Selasa (25/2).

Eva Chairunisa menambahkan, untuk area Jakarta, bagi calon penumpang KA terdampak banjir yang ingin membatalkan tiket dapat melakukan pembatalan di Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota. Di luar area Jakarta pembatalan juga dapat dilakukan di Stasiun Bogor, Bekasi, Cikampek, Rangkasbitung, dan Serang. Atau bisa juga melalui stasiun online lainnya yang memungkinkan.

"Pembatalan dapat dilakukan maksimal tiga hari setelah jadwal keberangkatan dan bea tiket akan dikembalikan 100 persen secara tunai. Ini berlaku bagi penumpang keberangkatan kereta api dari Daop 1 Jakarta, baik yang terkena dampak banjir langsung maupun tidak langsung dengan jadwal keberangkatan pada tanggal 25 Februari 2020 mulai pukul 05.00 - 12.00 WIB," papar Eva Chairunisa .

Tidak hanya itu, lanjut Eva Chairunisa, tiket yang dapat dibatalkan juga termasuk tiket kembalinya atau pergi pulang (PP) serta tiket lainnya yang memiliki sifat persambungan atas nama penumpang yang memiliki tiket kereta api keberangkatan wilayah Daop 1 Jakarta tanggal keberangkatan 25 Februari 2020. Misal, untuk perjalanan Gambir-Jember, maka tiket menyambung dengan KA selanjutnya akan digantikan.

"Kami mengimbau kepada calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan tiket agar tidak lupa untuk membawa kartu identitas (KTP) asli sesuai dengan yang tertera di tiket, dan tiket atau struk resmi pembelian tiket. Kemudian langsung mengunjungi loket go show yang ada di stasiun untuk bea pengembalian," ungkap Eva.



Sumber: BeritaSatu.com