Wakil Ketua DPR Minta Pemulangan 74 WNI dari Diamond Princess Ikuti Protap

Wakil Ketua DPR Minta Pemulangan 74 WNI dari Diamond Princess Ikuti Protap
Sufmi Dasco Ahmad ( Foto: Beritasatu tv )
Markus Junianto Sihaloho / RSAT Sabtu, 22 Februari 2020 | 15:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah agar mengikuti prosedur tetap (protap) pencegahan virus dalam rencana pemulangan WNI yang menjadi anak buah kapal Diamond Princess.

Dasco meyakini bahwa bila memang ada penumpang kapal yang terjangkit virus korona ketika berada di atas kapal tersebut, maka pasti negara bersangkutan yakni Jepang, sudah melaksanakan protap pencegahan.

"Kita pikir lebih baik mengikuti protap pencegahan tersebut. Supaya yang sehat tidak terjangkit, yang sakit kemudian pulih sediakala," kata Dasco, Jumat (21/2/2020).

Untuk diketahui, pemerintah Jepang menahan kapal pesiar Diamond Princess akibat penumpangnya terkangkit virus corona (Covid-19). Dari penumpang itu, 78 di antaranya adalah warga negara Indonesia (WNI). Para penumpang pun dikarantina selama 2 minggu untuk memastikan mereka bebas dari virus tersebut. Belakangan, 4 dari 78 WNI itu terpapar virus dan harus dirawat di Jepang.

Kini 74 penumpang lainnya yang sehat akan dipulangkan. Masalahnya, sudah muncul suara penolakan terhada ke-74 penumpan tersebut. Ada ketakutan bahwa sekembalinya ke Indonesia, mereka malah membawa virusnya.

Dasco mengatakan bahwa pada akhirnya pemimpin negara yang akan memutuskan. "Kalau saya dengar itu proses pemulangan itu sudah tinggal menunggu keputusan dari presiden," kata Dasco.



Sumber: BeritaSatu.com