Pilgub Bengkulu Tanpa Calon Perorangan

Pilgub Bengkulu Tanpa Calon Perorangan
Ilustrasi Pilkada 2020. ( Foto: SP/Muhammad Reza )
Usmin / LES Jumat, 21 Februari 2020 | 19:41 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Pilkada Bengkulu 2020 dipastikan tanpa diikuti pasangan independen alias jalur perorangan. Satu-satunya bakal calo perorangan di pemilihan gubernur (pilgub) Bengkulu, pasangan Hijazi dan Ananaruita batal mendaftar di KPU Bengkulu pada Kamis (20/1/2020).

Anggota KPU Provinsi Bengkulu. Eko Sugianto membenarkan, tidak ada paslon cagub dan cawagub dari independen yamg mendaftar sebagai peserta pilkada 2020.

"Sampai hari terakhir masa pendaftaran cagub dan cawagub Bengkulu Kamis pukul 00.00 WIB tidak ada calon dari jalur perorangan mendaftar di KPU Provinsi Bengkulu," ujarnya, Jumat (21/2/2020).

Sehingga sudah bisa disimpulkan, Pilgub Bengkulu 2020 akan diikuti paslon jalur partai politik. Dari pantauan, ada 4 kandidat cagub yang dipekiralan akn maju di pilgub dari jalur parpol, yakni calon petahana Rohidn Mersyah, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan, Bupati Rejang Lebong Hijazi dan Bupati Lebong Rosjonsyah.

Cagub petahana yang juga Ketua DPD Golkar Bengkulu Rohidin Mersyah kemungkinan maju di pilgub diusung partai koalisi di antaranya PKB dan PKS. Sedangkan 3 kandidat cagub lain masih melakukam pendekatan dengam beberapa parpol lainya yang memiliki kursi di DPRD Provinsi Bengkulu.

Seluruh parpol yang memiliki kursi di DPRD Bengkulu untuk mengusung paslon di pilgub harus berkoalisi dengan parpol lain. Pasalnya tidak ada parpol di Bengkulu yang memiliki 9 kursi di DPRD provinsi. PDI-P dan Golkar masing-masing hanya meraih 7 kursi sehingga untuk mengusung paslon dibutuhkan tambahan partai koalisi. Demikian pula partai Nasdem, Gerindra, Demokrat dan parpol lainnya.



Sumber: BeritaSatu.com