Pemerintah Siapkan Dana 10 Triliun Rupiah untuk Pelatihan Kerja

Pemerintah Siapkan Dana 10 Triliun Rupiah untuk Pelatihan Kerja
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi media massa nasional di Jakarta, 17 Feb. 2020. ( Foto: Beritasatu / Primus Dorimulu )
Ahmad Salman / AIS Kamis, 20 Februari 2020 | 21:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah menyiapkan dana Rp 10.000.000.000 untuk memberi pelatihan kepada jutaan tenaga kerja di Indonesia. Pelatihan ini termasuk salah satu kebijakan baru dalam RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja yang masih dibahas di DPR.

“Jadi pemerintah menyediakan dana Rp 10 triliun untuk dua juta tenaga kerja di training agar mereka mempunyai skill,” jelas Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dikutip Prime Time, Kamis (20/2/2020).

Selain melakukan pelatihan tenaga, Airlangga menambahkan, salah satu upaya pemerintah menekan angka pengangguran, juga akan menyediakan tenaga kerja sesuai kemampuan yang diinginkan perusahaan.

Nantinya perusahaan dapat melakukan pelatihan kepada tenaga kerjanya dan pemerintah akan menanggung biaya pelatihan yang dikeluarkan perusahaan.

Kini pemerintah juga telah membangun sejumlah politeknik untuk menyiapkan tenaga kerja dengan keahlian spesifik. Langkah ini sebagai bentuk penyediaan tenaga kerja yang dibutuhkan dalam industri di Tanah Air.



Sumber: BeritaSatu TV