Harga Gula Naik, Mendag Siapkan Operasi Pasar

Harga Gula Naik, Mendag Siapkan Operasi Pasar
Buruh memindahkan gula pasir ke atas kapal barang.
Novy Lumanauw / FER Senin, 17 Februari 2020 | 18:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto, menginstruksikan Satgas Pangan untuk mengecek di lapangan penyebab kenaikan harga gula dari Rp 12.500 per kilogram (kg) kini mendekati Rp 15.000 per kg.

Defisit Gula Konsumsi Diperkirakan Capai 29.000 Ton

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga rata-rata gula secara nasional per Senin (17/2/2020) sebesar Rp 14.600 per kg atau naik Rp 100 dibandingkan pada Senin (10/2/2020).

"Iya mungkin di jalur distribusinya atau apa. Makanya akan dicek oleh Satgas Pangan,” kata Mendag di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Mendag mengatakan, selain mengecek jalur distribusi, Kementerian Perdagangan (Kemdag) juga akan menggelar operasi pasar di sejumlah daerah.

Mendag Akan Selektif Impor Makanan dari Tiongkok

"Otomatis, kita akan melakukan cek mengenai stok gudang. Kedua, kita akan melakukan operasi pasar. Saya rasa itu yang akan kita lakukan dalam waktu dekat,” jelas Mendag.

Menurut Mendag, terkait kenaikan cukup signifikan harga gula, Kemdag akan mengecek ketersediaan pasokan di jalur distribusi, karena terdapat beberapa kendala di lapangan, di antaranya masih terdapat stok lama.

"Jadi kita akan lihat lagi, apakah distribusi ini di mana mis-nya,” kata Mendag.



Sumber: BeritaSatu.com