Kapal Tanker Gangguan Mesin di Perairan Maluku

Kapal Tanker Gangguan Mesin di Perairan Maluku
ilustrasi. ( Foto: ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang )
/ WBP Kamis, 13 Februari 2020 | 16:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kapal tanker MT Andriana XX milik PT Soechi Lines Tbk (Soechi) bermuatan BBM jenis Cerosine sebanyak 402.659 liter dan Bio Solar 305.578 liter, nyaris tenggelam setelah kamar mesinnya dipenuhi air pada pekan lalu. Kapal yang bergerak dari Pelabuhan Namlea, Kabupetan Buru, Maluku menuju Sanana, Maluku Utara, tenggelam di perairan Utara Pulau Buru, Maluku.

Kepala Basarnas Ambon, Muslimin mengatakan, kapal mengalami kebocoran karena kerusakan pada seachest pump room. Akibatnya, air masuk di kamar mesin, sehingga tidak dapat dioperasikan.

"Kapal dalam kondisi black out serta kapal tidak dapat melanjutkan perjalanan," kata Muslimin dalam keterangan yang diterima Kamis (13/2/2020).

Untuk pencarian, tim rescue Pos SAR Namlea dibantu Polres dan KPLP Namlea menggunakan speed boat milik polres menuju lokasi pencarian pada koordinat 2° 58.7273 S – 126° 57.832″ E.

Kapal dan ABK sudah dievakuasi dengan menggunakan kapal TB Sinar Putra.

Sebelumnya kapal Soechi berukuran 6.715 DWT Golden Pearl XIV yang disewa Pertamina bocor dan menumpahkan solar di perairan Parepare.



Sumber: BeritaSatu.com