Penanggulangan Kebakaran Hutan Target Utama Kapolda Jambi yang Baru

Penanggulangan Kebakaran Hutan Target Utama Kapolda Jambi yang Baru
Kapolda Jambi yang baru Irjen Pol Firman Shantyabudi (dua dari kanan) dan isteri (kanan) disambut mantan Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS (dua dari kiri) dan istri (kiri) di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi, Rabu, 12 Februari 2020. ( Foto: Beritasatu.com / Radesman Saragih )
Radesman Saragih / JEM Rabu, 12 Februari 2020 | 19:03 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Jajaran kepolisian di Provinsi Jambi akan meningkatkan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun ini. Pencegahan dini karhutla akan dilakukan di daerah-daerah rawan karhutla melalui sosialisasi bahaya karhutla kepada masyarakat dan patroli karhutla secara rutin.

“Salah satu kerawanan khas yang akan mendapat perhatian khusus Polda Jambi tahun ini, yaitu karhutla. Kami akan berupaya semaksimal mungkin mencegah karhutla melalui pencegahan karhutla secara dini. Koordinasi dengan dinas instansi terkait yang sudah pengalaman menangani masalah karhutla akan ditingkatkan agar jangan sampai terjadi bencana karhutla di Jambi tahun ini,”kata Kapolda Jambi yang baru Irjen Pol Firman Shantyabudi ketika tiba Kota Jambi, Rabu (12/2/2020) pagi.

Firman Shantyabudi yang dilantik menjadi Kapolda Jambi menggantikan Irjen Muchlis AS di Mabes Polri, Selasa (11/2/2020) tiba di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi, Rabu (12/2/2020). Firman Shantyabudi yang didampingi sang isteri Ny Shinta Firman Shantyabudi disambut Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Danrem 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi, Kolonel (Arh) TNI Elphis Rudy, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Judhy Sutoto dan Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto.

Menurut Firman Shantyabudi , selain penanganan karhutla dan tindak kirminal secara umum, Polda Jambi tahun ini juga akan meningkatkan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Pengamanan pilkada di Jambi membutuhkan perhatian khusus karena tahun ini pilkada di Jambi dilaksanakan di tingkat provinsi untuk pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di lima kabupaten.

"Kerawanan keamanan pada pelaksanaan pilkada serentak di Provinsi Jambi akan mendapat perhatian khusus. Untuk itu kami akan melakukan pengamanan pilkada serentak di Jambi melalui deteksi dini kerawanan pilkada. Selain itu kami juga akan melakukan koordinasi dengan jajaran dinas instansi lintas sektoral mengamankan pilkada tahun ini,”ujarnya.

Sementara itu Gubernur Jambi, Fahcrori Umar mengatakan, pihaknya akan mendukung berbagai upaya Polda Jambi untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Jambi. Selain itu Pemerintah Provinsi Jambi juga mendukung program-program Polda Jambi menanggulangi karhutla dan mengamankan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Jambi

“Pemprov Jambi akan berupaya bekerja sama dan melakukan koordinasi yang baik dengan jajaran Polda Jambi dan seluruh elemen masyarakat agar Pilkada Serentak 2020 di Jambi bisa berlangsung aman dan damai dan karhutla tidak terjadi lagi,”katanya. 



Sumber: BeritaSatu.com