Mabes Polri: Situasi Rutan Kabanjahe Terkendali

Mabes Polri: Situasi Rutan Kabanjahe Terkendali
Sejumlah petugas mengamankan tahanan dari lokasi kerusuhan di Rutan Kabanjahe, Tanah Karo, Sumatera Utara, Rabu, 12 Februari 2020. ( Foto: Beritasatu Photo / Arnold )
Farouk Arnaz / FER Rabu, 12 Februari 2020 | 18:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mabes Polri mengklaim jika angota Polri dan TNI berhasil meredam situasi di Rutan Kabanjahe yang sempat ricuh.

Kericuhan Rutan Sudah 4 Kali Terjadi di Sumut

"Situasi terkendali semua. Sebanyak 410 terpidana semuanya aman dan selamat. Jumlah warga binaan seluruhnya 410 terdiri dari 380 laki-laki dan 30 perempuan, semuanya dalam keadaan aman dan selamat,” kata Kabag Penum Polri, Kombes Asep Adi Saputra, di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Asep menambahkan, penyebab rusuh masih dalam penyelidikan dan napi direncanakan dipindah ke Lapas Tanjung Gusta, Medan.

Seperti diketahui, kericuhan disertai pembakaran terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B di Kabanjahe Jalan Bhayangkara kawasan Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (12/2/2020).

Kericuhan Rutan Kabanjahe Dipicu Razia Narkoba

Kericuhan yang berujung pembakaran rumah tahanan (Rutan) oleh narapidana (napi) sudah empat kali terjadi di Sumatera Utara (Sumut). Peristiwa ini terjadi dari sejak tahun 2013 lalu.

Kericuhan yang berujung pembakaran rumah tahanan (Rutan) oleh narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B di Kabanjahe Jalan Bhayangkara kawasan Kabanjahe, dipicu razia narkoba oleh petugas rutan.



Sumber: BeritaSatu.com