Jokowi Resmikan TPA Banjarbakula Senilai Rp 149 Miliar

Jokowi Resmikan TPA Banjarbakula Senilai Rp 149 Miliar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula yang berlokasi di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Jumat (7/2/2020). (Foto: Dok)
Lenny Tristia Tambun / WBP Jumat, 7 Februari 2020 | 23:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula yang berlokasi di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (7/2/2020). TPA seluas 15 hektare (ha) ini yang menghabiskan anggaran Rp 149 miliar ini mampu menampung 790 ton sampah per hari yang dihasilkan 475.000 jiwa di lima kabupaten/kota di kawasan metropolitan Banjarbakula.

Menurut Jokowi, sampah bukan persoalan sepele. Jika tidak ditangani dengan baik, maka ribuan ton sampah akan menyebabkan musibah. Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan terbukti telah menimbulkan bencana, baik itu aroma tidak sedap, penyakit, pencemaran lingkungan dan air bahkan bencana banjir yang sangat merugikan masyarakat.

“Jumlah sampah akan terus berjalan sejalan pertambahan jumlah penduduk kita, karena itu TPA seperti ini perlu. Perlu ditata dengan baik, perlu memiliki fasilitas dan teknologi pengolahan yang modern serta sistem pengelolaan dan manajemen yang baik,” kata Jokowi saat memberikan sambutan.

Ia mengetahui pengelolaan sampah itu tidak mudah. Mengatur pengelolaan sampah dalam satu tempat saja sulit, apalagi jika dalam lingkup satu provinsi seperti TPA Sampah Regional Banjarbakula. “Saya sangat menghargai, mengapresiasi bahwa ternyata ada model TPA yang bisa melibatkan beberapa kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. Dan ini saya nyatakan berjalan debgan baik,” ujar Jokowi.

Dari hasil tinjauannya langsung, Presiden melihat keberadaan TPA yang lahan tempat pembuangan sampah baru digunakan 8 hektare ini telah melayani masyarakat di kawasan metropolitan Banjarbakula, yakni meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Baritokuala dan Kabupaten Tanah Laut.

Mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.



Sumber: BeritaSatu.com