Jokowi Perintahkan Perbanyak Tanam Tumbuhan Vetiver

Jokowi Perintahkan Perbanyak Tanam Tumbuhan Vetiver
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingatkan jajarannya agar berhati-hati terhadap munculnya titik api atau hot spot yang bisa memicu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada musim kemarau tahun ini. ( Foto: Beritasatu TV )
Ahmad Salman / YTB Selasa, 4 Februari 2020 | 19:09 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo memerintahkan pemerintah daerah memperbanyak penanaman tanaman vetiver di kawasan rawan banjir dan longsor. Kedua tanaman ini dinilai sebagai solusi efektif mencegah longsor dan banjir.

“Jangan hanya urusi fisiknya walaupun itu penting, dibuat tanggul penahan. Tapi akan lebih penting kalau kita mau rehabilitasi lahan,” jelas Presiden Jokowi saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Sentul Internasional Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Selain perlu memiliki rencana matang dalam penanganan pasca-bencana, pemerintah daerah didorong mengantisipasi bencana. Sehingga bencana tidak terjadi berulang kali.

Menurut Presiden tanaman vetiver memiliki serabut akar panjang dan kuat. Sehingga dapat mencegah terjadinya bencana longsor.

“Bibitnya murah, satu batang 2 ribu rupiah. Siapa bilang mahal, maju saya beri sepeda,” kata Presiden Jokowi.



Sumber: BeritaSatu TV