PDIP Tanam 222.220 Pohon di DAS Citarum

PDIP Tanam 222.220 Pohon di DAS Citarum
Ilustrasi tanam pohon. ( Foto: Youtube / Dokumentasi )
Markus Junianto Sihaloho / WBP Minggu, 2 Februari 2020 | 08:30 WIB

Bandung, Beritasatu.com - PDI Perjuangan (PDIP) melakukan penanaman ribuan pohon dan penghijauan serentak secara nasional pada Minggu (2/2/2020). yang bertujuan melestarikan alam dan memastikan semangat PDIP dalam mengedepankan politik lingkungan. Aksi prolingkungan ini sekaligus guna memperingati ulang tahun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP sendiri memusatkan kegiatan penanaman itu di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan puluhan ribu bibit pohon serta mendeklarasikan satuan tugas yang mendukung kebersihan lingkungan.

"Kegiatan ini adalah gerakan pencanangan Leuweung Padjajaran, dengan tema melestarikan hutan dan sungai sebagai simbol peradaban bangsa. Tentu saja ini masih menjadi rangkaian HUT partai tingkat nasional yang dilaksanakan di Jawa Barat," kata Ono Surono di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Sabtu (1/2/2020).

Sejauh ini, pihaknya sudah menanam 150 jenis pohon, di mana 89 pohon merupakan endemik Indonesia dan sisanya pohon umum. Dia mengistilahkan bentuk penanaman itu sebagai Leuweung Padjadjaran dengan harapan masyarakat Jawa Barat menghargai identitasnya.

Lebih lanjut kata Ono, PDIP telah menyiapkan 222.220 bibit pohon yang ditanam serentak di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Nantinya bibit itu dibagikan kepada para kader untuk ditanam di sejumlah daerah di Jawa Barat, di antaranya Sumedang, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat.

"Selain itu, di 17 Kabupaten Jawa Barat kami akan menamam 24.000 pohon. Tentunya ini merupakan gerakan gotong royong," jelas anggota Komisi IV DPR RI ini.

Sementara Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Sadarestuwati mengatakan, partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri ini sudah memberikan surat edaran kepada seluruh kader agar mengikuti penghijauan di daerah masing-masing. Menurut Sadarestu, sejauh ini sudah ada beberapa daerah yang memulai penghijauan.

"Kami mengajak masyarakat untuk hidup bersih, dan menjaga mata air. Bagaimana masyarakat terlibat dalam pelestarian hutan, menanam pohon, membersihkan sungai dan lainnya. Jadi ini serentak, bahkan sudah ada yang kegiatan hari ini," kata Sadarestuwati.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Pusat PDIP Max Rulano mengatakan, pihaknya menyediakan infrastuktur dan logistik makanan selama kegiatan berlangsung. Selain itu, pihaknya juga berkewajiban meneruskan perintah Megawati melalui DPD PDIP yang ada di Indonesia. "Kami berupaya terus melanjutkan dan menyiapkan segala kegiatan seperti ini bisa berlanjut di PDIP daerah-daerah," kata Max Rulano.



Sumber: BeritaSatu.com