Polisi Ungkap Jaringan Pencurian Barang Penumpang Pesawat Lion Air

Polisi Ungkap Jaringan Pencurian Barang Penumpang Pesawat Lion Air
Empat tersangka pelaku pencurian barang bawaan milik penumpang pesawat Lion Air, berhasil dibekuk aparat Polres Deli Serdang, Sumatera Utara, di Bandara Kualanamu Internasional Airport di Deli Serdang, 25 Januari 2020. ( Foto: Istimewa )
Arnold H Sianturi / JEM Selasa, 28 Januari 2020 | 14:53 WIB

Medan, Beritasatu.com - Polres Deli Serdang berhasil mengungkap jaringan pencurian barang berharga milik penumpang pesawat Lion Air di Bandara Kualanamu Internasional Airport di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

"Empat orang yang ditangkap dan sudah ditahan. Mereka sudah sering melakukan aksi pencurian barang milik penumpang," ujar Kasat Reskrim Polresta Deliserdang AKP Rafles Langgak Putra Marpaung, Selasa (28/1/2020).

Marpaung memaparkan, keempat tersangka pencurian itu adalah Surya Kristian Ketaren (27) warga Kabupaten Langkat, Boy Roganda Manurung (29) warga Lubukpakam, Joel Edgar Rucarda Purba (26) warga Kabupaten Simalungun dan Alfan Pardamean Sibarani (30) warga Lubukpakam.

"Barang bukti yang diamankan dalam penanganan kasus ini berupa tas koper kabin warna hitam merk MIM, satu helai rompi safety first warna hitam lis orange, dan uang tunai R 34.800.000. Kalau kerugian materil yang dialami korban Rp 35 juta," katanya.

Marpaung menjelaskan, pengungkapan kasus ini berawal dari adanya laporan pengaduan dari penumpang yang dirugikan. Korban bernama Lina (40) warga Jalan Permata Komplek Perumahan Permata Indah Blok E No. 002/001, Kelurahan Labuhan Baru Barat Kecamatan Payung Sekaki Kodya Pekan Baru Provinsi Riau. Kasus pencurian terjadi pada 25 Januari sekira pukul 10.30 WIB.

"Saat itu, korban baru saja tiba di Bandara Kualanamu. Korban terkejut karena aaat mengambil koper jusyru melihat blok koper sudah rusak. Kemudian, korban mengecek isi tas koper dan melihat uang yang disimpan didalam koper sudah tidak ada lagi. Kasus ini dilaporkan ke pihak Avsec, dan membuat laporan ke Polsek Beringin," jelasnya.

Berdasarkan laporan itu, polisi turun ke lokasi melakukan penyelidikan. Petugas kemudian mengidentifikasi para pelaku dan menangkapnya secara terpisah. Dalam pemeriksaan sementara para pelaku ini sudah 10 kali melakukan pencurian barang milik penumpang. Para pelaku ini juga mengaku sebagai petugas porter di Lion Air. 



Sumber: Suara Pembaruan