Surya Paloh: Kepala Daerah Harus Visioner

Surya Paloh: Kepala Daerah Harus Visioner
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, mengunjungi Klenteng Xian Ma yang dikenal sebagai Klenteng terbesar dan tertua di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (24/1/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Yeremia Sukoyo / JAS Sabtu, 25 Januari 2020 | 09:12 WIB

Makassar, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, menilai, seorang kepala daerah harus memiliki pemikiran yang visioner dalam melakukan pembangunan di daerah. Jika tidak maka akan sulit membangun kota yang indah seperti diinginkan warganya.

"Seorang figur apakah itu kapasitasnya sebagai gubernur, bupati, dan wali kota tetap harus visioner. Memiliki pemikiran yang jauh ke depan. Itu penting dan ada cita rasa yang terbangun. Kalau cita rasanya pendek-pendek, maka kita susah membangun kota yang indah," kata Surya Paloh ketika dijumpai saat meninjau Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/1/2020).

Dalam kesempatan itu, Surya menjelaskan, ada banyak potensi daerah yang seharusnya bisa lebih dikembangkan. Seperti di sepanjang obyek wisata Pantai Losari, misalnya. Jika ditata lebih baik maka bisa lebih memberikan perspektif kenyamanan dan kebanggaan bagi warganya.

Dirinya pun mengkritik keadaan Pantai Losari yang kurang tertata dengan baik seperti kurangnya penghijauan dan trotoar yang buruk. Menurut Surya, pemerintah daerah Makassar bisa mencontoh upaya pembangunan di DKI Jakarta.

"Penghijauan sudah pasti. Trotoar kualitas yang paling jelek menurut saya. Contoh aja sekarang Jakarta memiliki kualitas trotoar yang lebih baik. Sama dengan Singapura. Jiplak saja ku bilang," ujar Surya.

Kunjungan Surya Paloh ke Makassar kali ini dalam rangkaian agenda Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Partai Nasdem se-Indonesia menyambut Pilkada serentak 2020. Sebelumnya, Surya Paloh juga menggelar silaturahmi dengan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur. 



Sumber: Suara Pembaruan