Presiden Tegaskan Pentingnya Sensus Penduduk 2020

Presiden Tegaskan Pentingnya Sensus Penduduk 2020
Joko Widodo. (Foto: Antara)
Carlos KY Paath / FER Jumat, 24 Januari 2020 | 17:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, data merupakan kunci utama agar pembangunan negara berjalan sukses. Pasalnya, data sekarang ini merupakan jenis kekayaan baru.

Jokowi: Data Lebih Mahal dari Minyak

"Saat ini data adalah new oil. Bahkan lebih, bahkan lebih berharga dari minyak. Data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan negara," kata Presiden Jokowi, saat melakukan pencanangan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Presiden mengatakan, hasil Sensus Penduduk 2020 nantinya akan dimanfaatkan untuk membuat perencanaan dalam berbagai bidang.

"Data hasil sensus penduduk 2020 tidak hanya bermanfaat untuk perencanaan masa kini namun juga proyeksi sampai 2050," ucap Presiden Jokowi.

Jokowi Instruksikan Dekati Penolak Omnibus Law

Presiden menegaskan, akurasi data sangat penting dalam menyusun perencanaan secara optimal. Selain itu, data dibutuhkan untuk mengambil sebuah keputusan.

"Data akurat penting untuk eksekusi program yang tepat sasaran. Jangan sampai memutuskan, membuat perencanaan mengekusi program nggak pegang data," tegas Presiden Jokowi



Sumber: Suara Pembaruan