Presiden Resmikan 4 Fasilitas Bandara Soekarno Hatta

Presiden Resmikan 4 Fasilitas Bandara Soekarno Hatta
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (ketiga kiri), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (keempat kanan), Menteri ATR Sofyan Djalil (kedua kanan) dan Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kanan) peresmian landasan pacu tiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), East Connection Taxiway (ECT), terminal tiga dan gedung VIP Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020). Presiden berharap dengan dioperasikannya sejumlah fasilitas tersebut dapat mempermudah manajemen kedatangan dan kepergian penumpang di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. ( Foto: ANTARA FOTO / Puspa Perwitasari )
Thresa Sandra Desfika / JAS Kamis, 23 Januari 2020 | 21:33 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat fasilitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (23/1/2020). Keempat fasilitas itu adalah Terminal 3, Gedung VIP Terminal 3, landasan pacu atau runway 3, dan east cross taxiway.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim dan memohon rida dan rahmat Allah SWT pada sore hari ini saya resmikan runway 3, east cross connection taxiway, Terminal 3, dan Gedung VIP Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta," ungkap Presiden saat meresmikan empat fasilitas Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Kamis (23/1/2020).

Presiden Jokowi menambahkan, dengan adanya empat fasilitas ini, pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan meningkat.

Menurut Jokowi, dengan adanya runway 3 serta east cross taxiway, maka memudahkan untuk manajemen kedatangan dan keberangkatan pesawat sehingga menambah kapasitas sisi udara bandara tersibuk di Indonesia itu.

Selain itu, sebut Presiden, Bandara Soekarno-Hatta sejak lama hanya memiliki satu west cross taxiway. Hal tersebut membuat pesawat harus memutar jauh dan menunggu antrean untuk melintas ke west cross taxiway.

"Perlu diketahui yang west connection taxiway itu dibangun tahun 1985. Dan setelah itu sampai sekarang yang timurnya baru dibangun sekarang. Sudah berapa tahun itu, 35 tahun baru dibangun. Harusnya kalau west-nya sudah dibangun, east-nya juga dibangun sehingga tidak mutar," terang Kepala Negara.

Selanjutnya, Presiden memerintahkan, pengelola bandara, yakni PT Angkasa Pura (AP) II, untuk segera membangun Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta. Hal tersebut pun sudah disampaikan Presiden pada tahun lalu.

"Tadi saya tanyakan lagi, karena sudah pernah saya perintahkan setahun yang lalu, untuk membangun segera lagi terminal yang ke-4. Karena sudah kelihatan traffic semakin banyak, penumpang semakin banyak, jangan kita menunggu sampai penuh lagi," papar Kepala Negara.

Dia menekankan, sebelum Bandara Soekarno-Hatta penuh, pembangunan Terminal 4 harus segera dilakukan sehingga pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta tetap terjaga.

"Sebelum penuh itu harus disiapkan dulu sehingga masyarakat, rakyat terlayani oleh bandara Soekarno-Hatta ini dan tadi Pak Dirut Angkasa Pura II sudah menyampaikan desain akan segera diselesaikan secepatnya sehingga bisa segera dimulai pembangunannya," ungkap Presiden.

Presiden Jokowi menargetkan, Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta sudah selesai dibangun dan beroperasi pada 2022 atau paling lambat awal tahun 2023.

 



Sumber: BeritaSatu.com