Wabah Virus Korona, Kemlu Koordinasi dengan KBRI Beijing

Wabah Virus Korona, Kemlu Koordinasi dengan KBRI Beijing
Retno Marsudi. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / JAS Kamis, 23 Januari 2020 | 20:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) terus menerus melakukan koordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing. Hal itu menyusul kemunculan virus korona di Wuhan, Tiongkok.

“Sejak wabah itu mulai terjadi, kita terus lakukan koordinasi dengan perwakilan kita yang ada di Tiongkok, termasuk dubes (duta besar) yang ada di Beijing,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Retno menuturkan, sebanyak 428 mahasiswa asal Indonesia menempuh studi di Wuhan dan wilayah sekitarnya. Kemudian ada 1.280 mahasiswa di Beijing, dan 849 mahasiswa di Shanghai. Retno menambahkan, 90 persen mahasiswa di Wuhan, sedang pulang ke Indonesia.

“Data terakhir bulan Desember 2019, 90 persen mahasiswa yang berada di Wuhan dan sekitarnya saat ini sedang kembali ke Indonesia karena liburan. Mereka akan kembali pada pertengahan Februari,” ujar Retno.

Retno menyatakan, pemerintah tengah berkomunikasi dengan kampus-kampus di Wuhan terkait jadwal kuliah.

“Komunikasi dengan kampus apakah dengan situasi seperti sekarang kemudian kegiatan akademik akan dimulai sebagaimana biasanya atau kemudian ada pengaturan-pengaturan yang berbeda itu yang terus dikomunikasikan,” jelas Retno. 



Sumber: Suara Pembaruan