Cek Dampak Banjir, Nadiem: Sekolah Rusak Segera Direhabilitasi

Cek Dampak Banjir, Nadiem: Sekolah Rusak Segera Direhabilitasi
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim (kiri) meninjau SDN Cirimekar 02 Cibinong yang rusak akibat hujan badai di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (6/1/2020). ( Foto: Antara Foto / Yulius Satria Wijaya )
Aichi Halik / AHL Senin, 6 Januari 2020 | 20:17 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengunjungi SDN Cirimekar 02 Cibinong, salah satu sekolah yang ambruk di Kabupaten Bogor, akibat banjir pada Rabu (1/1/2020) lalu.

Nadiem mengatakan, pihaknya akan segera melakukan rehabilitasi sekolah-sekolah yang rusak akibat banjir dan longsor bekerjasama dengan pihak terkait.

"Tahun ini kami akan melakukan survei dan sensus dan berkoordinasi dengan (Kementerian) PUPR dan Pemda setempat untuk rehabilitasi sekolah, kami ada pendanaan di situ, tetapi fokusnya pada daerah tertinggal dan terjauh," ujar Nadiem saat mengunjungi SDN Cirimekar 02 Cibinong, Bogor, Senin (6/1/2020).

Menurut Nadiem, kecepatan rehabilitasi bangunan sekolah sangat tergantung kerjasama dengan berbagai instansi termasuk pemda.

"Dengan jumlah bencana yang terjadi secepat ini, koordinasi lintas kementerian dan pemda menjadi prioritas kami, karena kalau tidak dikeroyok berbagai macam instansi ini tidak akan beres," imbuh Nadiem.

Saat sampai di lokasi, Nadiem segera mengelilingi SDN Cirimekar 02 didampingi oleh Kepala Sekolah SDN Cirimekar 02, Siti. Secara singkat, Siti pun menceritakan kondisi sekolah saat ini usai atap sekolah tersebut ambruk.

Usai berkeliling, Nadiem juga mengunjungi tenda darurat tempat para siswa belajar.

Para siswa itu juga terlihat menyalami Nadiem. Nadiem juga meminta maaf dan menyemangati para siswa karena situasi ruang kelas yang rusak saat ini.

"Adik-adik mohon sabar ya dan rajin belajar ya," ujar Nadiem.



Sumber: BeritaSatu TV