Nadiem: Perlu Manajemen Talenta Atasi Krisis Percaya Diri

Nadiem: Perlu Manajemen Talenta Atasi Krisis Percaya Diri
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Senin, 23 Desember 2019 | 21:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, pemerintah akan membentuk manajemen talenta nasional untuk menyalurkan prestasi anak Indonesia.

Menurut Nadiem, manajemen talenta diperlukan untuk memunculkan anak-anak Indonesia yang memiliki talenta, sehingga bisa menjadi contoh bagi generasi penerus.

"Bagi saya salah satu hal yang terpenting adalah untuk menonjolkan champion-champion dan memberikan inspirasi bagi generasi seterusnya, bahwa mereka bisa menjadi mereka. Konsep untuk membina dan meng-empower menurut saya luar biasa penting," kata Nadiem dalam jumpa pers di ruang rapat utama KSP, Gedung Bina Graha, Jakarta Pusat, Senin (23/12/2019).

Nadiem mengatakan, saat ini anak Indonesia tengah diserang oleh krisis kepercayaan diri. Menurutnya, banyak anak Indonesia yang tidak percaya dengan kemampuan sendiri.

"Karena sekarang bukan hanya yang sifatnya ekonomi atau pertumbuhan, tapi sedang ada krisis percaya diri juga. Bahwa banyak sekali anak-anak Indonesia yang tidak percaya mereka bisa luar biasa," tuturnya.

"Oleh karena itu kita harus memberikan mereka banyak inspirasi, karena sebenarnya banyak anak muda kita yang bisa dan ternyata telah meraih banyak prestasi tapi belum dibina," sambung Nadiem.

Nadiem menyebut, saat ini anak-anak Indonesia yang memiliki talenta perlu mendapatkan dukungan dan bimbingan. Serta meningkatkan ketertarikan anak muda agar mau bersaing di panggung dunia.

"Mengidentifikasi bagaimana membina dan mendukung mereka dengan memberikan mentoring. Meningkatkan visibilitas mereka di panggung dunia, sehingga yang lain tertarik ke atas untuk mencapai prestasi yang setinggi itu. Untuk generasi berikutnya mendapat aspirasi mencapai impiannya," ujar Nadiem.



Sumber: BeritaSatu TV