Kunjungi Samosir

Kapolda Sumut Minta Peristiwa KM Sinar Bangun Jangan Terulang

Kapolda Sumut Minta Peristiwa KM Sinar Bangun Jangan Terulang
Kapolda Sumut disambut hangat saat melakukan pengecekan kesiapan pengamanan dan angkutan kapal di setiap pelabuhan di Samosir, Sabtu (21/12/2019).   ( Foto: Beritasatu Photo / Arnold Sianturi )
Arnold H Sianturi / FER Sabtu, 21 Desember 2019 | 20:36 WIB

Samosir, Beritasatu.com - Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, didampingi Wakapolda Sumut, Brigjen Mardiaz Khusin Dwihananto, melakukan pengecekan kesiapan pos pelayanan pengamanan dan angkutan melalui setiap pelabuhan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (21/12/2019).

Kapolda Sumut Pimpin Sertijab Enam Kapolres

Pengecekan ini dilakukan Kapolda bersama rombongan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat pengguna transportasi kapal penyeberangan di perairan Danau Toba saat menyambut Natal dan Tahun Baru 2020. Sehingga, peristiwa memilukan seperti tenggelamnya KM Sinar Bangun, tidak terjadi lagi di Danau Toba.

"Saya minta Kapolres Samosir, AKBP Muhammad Saleh bersama pemerintah kabupaten maupun dinas perhubungan, supaya benar - benar mengawasi muatan dan prnumpang kapal. Jangan sampai dibiarkan kapal overload. Awasi setiap penyeberangan di setiap pelabuhan," tegas Martuani Sormin.

Kunjungan kerja mantan Kapolda Papua bersama Wakapolda Sumut itu disambut hangat oleh Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh, Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu dan pejabat pemerintahan di Samosir.

Mengenal Ulos Sebagai Kain Tradisional Khas Batak

Martuani Sormin disambut dengan tarian tortor Batak Toba yang dibawakan sanggar tari Angel Lean dan pengalungan bunga oleh Bupati Samosir. Rombongan ini juga disematkan ulos setibanya di lokasi pariwisata kelas dunia tersebut. Ribuan mssyarakat juga ikut menyambut Martuani bersama rombongan.

Turut dalam rombongan Kapolda dan Wakapolda, Karo Ops Kombes Pol Makmur Ginting, Direktur Intelkam Polda Sumut Kombes Pol Ruslan Efendi, Direktur Polairud Kombes Pol Huttor M R Sihombing, Kabid Propam Kombes Pol Yofie Girianto maupun lainnya.

Adapun pelabuhan yang dikunjungi Kapolda Sumut di antaranya, Pelabuhan Ambarita dibDesa Ambarita, Kecamatan Simanindo. Setelah itu, Kapolda melanjutkan perjalanan mengecek kesiapan di Pelabuhan Ajibata. Kapolda juga mengecek Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Simalungun.

Sebelum melakukan pengecekan kesiapan pelayanan, Kapolda bersama rombongan melaksanakan coffe morning bersama Bupati Kab. Samosir Rapidin Simbolon, Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, Ketua DPRD Kabupaten Samosir Saut Martua Tamba dan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda di Samosir.



Sumber: Suara Pembaruan