Layanan GrabGerak Mudahkan Akses Disabilitas di Kota Semarang

Layanan GrabGerak Mudahkan Akses Disabilitas di Kota Semarang
Layanan GrabGerak untuk penyandang disabilitas yang diluncurkan, Selasa (17/12/2019) di Semarang. ( Foto: Beritasatu Photo / Stefy Thenu )
Stefy Tenu / FER Selasa, 17 Desember 2019 | 17:08 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Layanan GrabGerak kini hadir di Kota Semarang, setelah sebelumnya diluncurkan di DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Medan.

Layanan GrabGerak Diperluas ke Medan dan Semarang

Kehadiran GrabGerak memperkuat komitmen Grab Indonesia untuk memberikan layanan inklusif sehingga dapat dimanfaatkan oleh semua khalayak dengan berbagai kondisi dan latar belakang.

City Manager Grab Semarang, Abriyani Muharomah, mengatakan, melalui layanan GrabGerak, para penyandang disabilitas memperoleh kemudahan akses mobilitas serta keamanan dan kenyamanan.

"Suatu kebanggaan bagi kami Grab Indonesia dapat meluncurkan satu fitur terbaru, yaitu GrabGerak yang dikhususkan bagi teman-teman disabilitas. GrabGerak merupakan suatu bukti nyata dari misi kami 2025 GrabForGood untuk memberikan sebanyak mungkin dampak positif bagi semua orang, tanpa terkecuali. Kami berharap, dengan diperluasnya jangkauan GrabGerak di Kota Semarang ini, Grab bisa melayani lebih banyak penyandang disabilitas di Tanah Air," ujar Abriyani Muharomah, di Semarang, Selasa (17/12/2019).

GrabExpress Tingkatkan Kompetensi UMKM di Jatim

Kehadiran GrabGerak, kata Abriyani, diharapkan dapat membantu memudahkan mobilitas, serta menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi para penyandang disabilitas dalam beraktivitas sehari-hari.

Menurut rekapitulasi data tahun 2017 dan 2018, jumlah penduduk Kota Semarang penyandang cacat fisik dan mental adalah 1754 jiwa. Pemerintah Kota Semarang memiliki komitmen yang sama untuk mempromosikan hak para penyandang disabilitas di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Para penyandang disabilitas dapat menikmati layanan transportasi dari Grab yang aman, nyaman, dan terjangkau.

Disebutkan, para mitra pengemudi GrabGerak telah menjalani serangkaian program pelatihan khusus mengenai pelayanan terhadap penumpang disabilitas, mencakup penanganan kursi roda dan perangkat mobilitas lainnya. Mereka juga dilatih untuk membantu memindahkan penumpang berkebutuhan khusus dari kursi roda ke dalam kendaraan.

Armada Grab Gunakan Mobil Listrik Hyundai

Di Kota Semarang, saat ini Grab menyediakan hampir 200 armada GrabGerak dimana hampir 200 mitra pengemudi GrabGerak yang beroperasi pada tahap peluncuran telah melalui proses pelatihan khusus seputar kesetaraan dan layanan bagi penyandang disabilitas, serta pengetahuan mengenai keamanan mendasar yang dilakukan oleh pelatih bersertifikat.

Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Jawa Tengah, Sugeng Widodo, menyatakan, sangat mengapresiasi langkah Grab yang turut memperhatikan penyandang disabilitas dalam beraktivitas dengan menghadirkan fitur layanan terbaru untuk membantu mobilitas mereka.

"Teman-teman dengan disabilitas membutuhkan lebih banyak dukungan akses mobilitas yang lebih memadai, baik di transportasi publik maupun di fasilitas umum. Harapan saya, GrabGerak dapat mempermudah mobilitas teman-teman disabilitas dengan bantuan para mitra pengemudinya yang telah bersertifikasi khusus," ujar Sugeng.



Sumber: Suara Pembaruan