Dorong Pariwisata di Danau Toba Lewat Pendirian Universitas Negeri

Dorong Pariwisata di Danau Toba Lewat Pendirian Universitas Negeri
Danau Toba (Foto: istimewa)
Chairul Fikri / CAH Sabtu, 7 Desember 2019 | 14:27 WIB

Tapanuli Utara, Beritasatu.com - Pengembangan limadestinasi Super Prioritas yakni kawasan Danau Toba (Sumut), kawasan Joglosemar (Jawa Tengah), Mandalika, Lombok (NTB), Labuan Bajo (NTT) dan Likupang (Sulawesi Utara) terus didorong pemerintah untuk bisa mengaet wisawatan mancanegara. Hal tersebut dibuktikan dengan seriusnya pembangunan infrastruktur dan kemudahan aksesibilitas kelima destinasi tersebut.

Selain pembangunan infrastruktur dan promosi pariwisata, juga harus diimbangi dengan persiapan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu yang diungkapkan Nikson Nababan selaku Bupati Tapanuli Utara saat berjumpa sejumlah media nasional dalam acara Familiarization Trip Media Digital Nasional ke Destinasi Super Prioritas di rumah dinasnya di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, belum lama ini.

"Saya berupaya sekuat hati untuk mengembangkan dahulu pembangunan SDM di sini dengan mengusulkan kepada pemerintah untuk pembukaan Universitas Negeri. Ini sebagai salah satu sarana pendidikan guna mendorong peningkatan SDM agar bisa melayani wisatawan sesuai standar pariwisata. Ini juga sebagai upaya kami meningkatkan angka kunjungan wisatawan lewat pendidikan," ungkap Nikson.

Nikson menyebut daerahnya ingin mencontoh Yogyakarta, Bandung dan Malang yang punya universitas negeri dimana mahasiswa yang datang dan tinggal di Tapanuli akan bisa meningkatkan kunjungan orang luar Tapanuli ke sini. 

Bipati juga akan mencoba mengembangkan agro wisata di kawasan Tapanuli Utara lantaran di kawasan ini banyak perkebunan masyarakat yang bisa dijadikan lokasi wisata agro seperti banyaknya perkebunan kopi, perkebunan nanas dan juga beberapa lokasi perkebunan variatas buah dan sayur.

"Potensi-potensi itu yang kita terus kembangkan dan upayakan di sini," tandasnya.

Dengan pemanfaatan alam dan juga peningkatan SDM tersebut dengan pembukaan Universitas Negeri di kawasan Tapanuli Raya, Nikson Nababan meyakini akan mampu meningkatkan angka kunjungan wisatawan baik lokal maupun wisatawan mancanegara ke wilayahnya karena kini wilayahnya telah didukung perbaikan sara dan prasanana untuk menuju ke sana salah satunya dengan pembukaan bandara Silangit sebagai akses terdekat menuju Danau Toba.



Sumber: BeritaSatu.com