AAIPI Dorong Kinerja APIP Agar Lebih Maksimal

AAIPI Dorong Kinerja APIP Agar Lebih Maksimal
Berlangsungnya rapat koordinasi pengawasan daerah yang bertemakan "Penguatan Peran APIP dalam Pengawasan APBD dan Pelayanan Publik" di Grand Artis Hotel dan Convention, Magelang, Rabu (4 Desember 2019). ( Foto: Pemkot Tegal / IST )
Jayanty Nada Shofa / JNS Kamis, 5 Desember 2019 | 08:43 WIB

MAGELANG, Beritasatu.com - Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) kian mendorong kinerja Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) agar lebih maksimal agar perencanaan program pemerintah dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Hal ini dinyatakan pada rapat koordinasi pengawasan daerah yang bertemakan "Penguatan Peran APIP dalam Pengawasan APBD dan Pelayanan Publik" di Grand Artis Hotel dan Convention, Magelang, Rabu (4/12/2019).

Di saat yang sama, dilaksanakan juga pengukuhan dewan pengurus wilayah AAIPI Jawa Tengah (Jateng).

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen dengan dilantiknya AAIPI senantiasa bisa membantu tugas APIP.

“Saya berharap dengan telah dilantik dan diberikan SK sebagai AAIPI bisa membantu tugas APIP, karena bagaimanapun juga APIP ini adalah intern dan orangnya juga intern. Kita lihat bahwa AAIPI saat ini melibatkan dari sivitas, pengawasan, BPKP, dan lain sebagainya.” ucap Taj Yasin.

Tak hanya itu, Taj Yasin menyatakan pengawasan ini dapat memperlihatkan program-program yang perlu diubah atau ditingkatkan lagi.

"Hal ini bisa menjadi catatan untuk setiap OPD. Sehingga, nanti ke depannya tagline Jawa Tengah, "Mboten korupsi mboten ngapusi" bisa tercapai dengan baik,” jelas Taj Yasin.

Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi, juga mengatakan bahwa peran APIP fokus terhadap perencanaan pembangunan, keuangan, serta bagaimana pembangunannya.

“Artinya, ini harus ditingkatkan lagi peran APIP dalam rangka untuk proses pembangunan di Kota Tegal. Harus ada perubahan signifikan dalam peran APIP untuk memajukan Kota Tegal. Saya juga ingatkan agar Inspektur Kota Tegal untuk bersinergi, kolaborasi dan tetap fokus di seluruh bidang agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan benar sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Jumaidi.

Ia pun berharap agar sinergi ini dapat berkelanjutan guna membangun Kota Tegal.

Adapun Inspektur Jendral Kementerian Keungan Sumiyati menekankan agar para auditor memiliki baik soft maupun hard skills yang tinggi dan setara baik melalui pelatihan, sertifikat dan lainnya.

Inspektur Jendral Kementerian Dalam Negeri, Haposan Simanjuntak, juga mengarahkan APIP agar merealisasikan visi Indonesia dalam berbagai bidang baik infrastruktur, SDM, regulasi, birokrasi maupun transofrmasi ekonomi.



Sumber: PR