Irjen Firli Resmi Jabat Kabarhakam Polri

Irjen Firli Resmi Jabat Kabarhakam Polri
Irjen Firli Bahuri ( Foto: Antara )
Farouk Arnaz / CAH Selasa, 19 November 2019 | 09:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Irjen Firli Bahuri resmi duduk sebagai Kabaharkam Polri. Artinya Firli, yang akan dilantik sebagai ketua KPK pada 21 Desember nanti, akan segera menyandang bintang tiga.

“Tugas kabaharkam adalah tugas yang pokoknya melaksanakan terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat. Ke depan kita akan menghadapi pilkada serentak kurang lebih 270 daerah,” kata Firli usai dilantik Kapolri Jenderal Idham Azis di Mabes Polri Selasa (19/11/2019).

Untuk itu, masih kata Firli, tentunya Baharkam selaku pelaksana utama Kapolri harus melakukan tugas tersebut sesuai dengan arahan Kapolri.

“Kita mempersiapkan diri sesuai program kapolri, ada 7 prioritas promoter yang disampaikan. Tantangan yang paling dekat pengamanan natal dan tahun baru. Kedua beberapa agenda nasional 270 pilkada. Yang ketiga Indonesia itu negara besar, negara kepulauan, Baharkam harus membuat kebijakan bagaimana mengamankan wilayah yang luasnya 17.000 ribu pulau itu,” urainya.

Tapi apa cukup waktu mengingat Desember nanti pelantikan ketua KPK? Firli menjawab,”Saya belum bisa bicara kalau soal KPK karena hari ini saya masih Kabaharkam. Kita fokus dulu pada Kabaharkam.”

Untuk diketahui jika nanti dilantik sebagai Ketua KPK, Firli dipastikan tak boleh rangkap jabatan. Dia harus memilih apakah tetap menjadi Kabaharkam atau menjadi ketua KPK. Firli baru akan pensiun sebagai anggota Polri pada 8 November 2021.

Seperti diberitakan, Firli dipilih sebagai Kabaharkam Polri menggantikan Komjen Condro Kirono yang kini digeser sebagai analis utama Baharkam.

Kursi Firli sebagai Kapolda Sumsel diganti Irjen Priyo Widyanto yang saat ini duduk sebagai Kapolda Kaltim. Selanjutnya kursi Priyo diisi oleh Irjen Muktiono yang menjabat Korsahli Kapolri.

Kakorlantas Irjen Refdi Andri digeser jadi Korsahli Kapolri dan kursinya diisi Brigjen Istiono yang saat ini duduk sebagai Kapolda Babel.

Selanjutnya kursi Kapolda Babel akan diisi oleh Brigjen Anang Syarif Hidayat yang saat ini duduk sebagai Dir Pol Udara.

Karo Binkar SSDM Polri Brigjen Permadi juga digeser Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Kursi Dedi diisi Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

 



Sumber: BeritaSatu.com