Terduga Teroris Sumut Rencanakan Penyerangan di Masjid dan Gereja

Terduga Teroris Sumut Rencanakan Penyerangan di Masjid dan Gereja
Polisi kembali melanjutkan penggeledahan di rumah kontrakan terduga pelaku bom bunuh diri, Rabbial Muslim Nasution (24) alias Dedek, Kamis (14/11/2019). Polisi juga mengamankan orangtua terduga pelaku. ( Foto: Beritasatu TV )
Arnold H Sianturi / JEM Senin, 18 November 2019 | 15:30 WIB

Medan, Beritasatu.com - Kapolda Sumut Irjen Pol Andrianto mengungkapkan, kelompok terduga teroris sudah mempersiapkan aksi melakukan teror sebelum bom bunuh diri oleh Rabbial Muslim Nasution di Markas Polrestabes Medan, Rabu (13/11/2019).

"Selain kantor polisi, sasaran mereka adalah menebar teror di tempat ibadah orang muslim (masjid), agama lain, instansi pemerintahan maupun fasilitas umum," ujar Agus Andrianto di Rumah Sakit Bhayangkara Medan, Senin (18/11/2019).

Mantan Wakapolda Sumut ini menambahkan, kelompok teroris ini sudah merencanakan aksi penyerangan dengan matang.

Sebelum melancarkan serangan itu, para terduga terorisme melakukan pelatihan di sebuah tempat di Kabupaten Tanah Karo, Sumut.

"Persiapan matang itu dapat terlihat dari sejumlah barang bukti yang sudah diamankan dari penangkapan terhadap 23 terduga teroris. Mereka yang diamankan itu terdiri dari pria dan wanita. Ada yang ahli merakit bom maupun lainnya," ungkap Kapolda Sumut.

Dalam penangkapan itu, lanjut Agus, pihaknya mengamankan bahan peledak, senjata rakitan, senjata tajam maupun lainnya. Kelompok radikal ini juga mencoba mengembangkan sayap dengan berhubungan melalui media sosial.



Sumber: Suara Pembaruan