Ondoafi Nukuboi Kendi dan Kepala Suku Serahkan Mandat Kepada Gercin

Ondoafi Nukuboi Kendi dan Kepala Suku Serahkan Mandat Kepada Gercin
Penyerahan surat kuasa dari Ondoafi (Raja) Nukuboi Kendi dan kepala suku Yappo serta kepala suku Kasuai terkait tanah adat seluas 280 ha kepada Gerakan Rakyat Cinta Indonesia, Senin 28 Oktober 2019. (Foto: dok)
/ YUD Senin, 28 Oktober 2019 | 19:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ondoafi (Raja) Nukuboi Kendi dan kepala suku Yappo serta kepala suku Kasuai menyerahkan surat kuasa terkait tanah adat seluas 280 ha kepada Gerakan Rakyat Cinta (Gercin) Indonesia. Penyerahan surat kuasa ini dilakukan guna membantu penyelesaian perkara kepemilijan tanah adat Ninkei (Holandia droom) yang berlokasi di Doyo, Kabupaten Jayapura karena telah digunakan oleh TNI sejak tahun 1977.

"Saya sebagai Ondoafi Nukuboi Kendi beserta dua kepala suku menyampaikan surat kuasa kepada DPN Gercin Indonesia, karena tanah kami seluas 280 hektare sejak tahun 1977 digunakan oleh TNI. Kami ingin membangun komunikasi dengan maksud agar terjalin kerja sama yang saling menguntungkan," ujar Barnabas Nukuboi, Ondoafi Nukoboi Kendi, di kantor Gercin Indonesia, Jakarta, Senin (28/10/2019).

"Mahkamah Agung sudah mengeluarkan surat putusan permohonan peninjauan kembali perkara perdata no 123/PK/Pdt 1992, namun kami ingin putusan tersebut dapat segera diproses," ungkapnya.

Sementara itu Teddy Surya, Sekjen Gercin Indonesia mengatakan akan menindaklanjuti permohonan dari pihak masyarakat adat dan pemilik tanah kepada pihak terkait.

"Kami akan segera membentuk tim untuk melakukan kordinasi dengan pihak terkait agar masalah ini dapat segera direalisasi secara baik, damai dan tidak menimbulkan hal-hal yang diinginkan dikemudian hari, kami juga berharap dari pemerintah agar dapat secepatnya berkomunikasi dengan masyarakat, mengingat pelaksanaan PON XX yang akan diadakan di Papua salah satu lokasi cabang yang akan dipertandingkan berada diatas wilayah ini," sebut Teddy.

Pengurus Gercin Indonesia yang hadir pada saat penyerahan surat adalah Ketua Umum DPN Gercin Hendrik Yance Udam, Bendahara Laura Brahmana Sembiring, Ir Widaryato Ketua Pembinaan Ideologi Pancasila, dan Titi Kusumawati Ketua Bidang Pemuda Pelajar dan Mahasiswa.



Sumber: BeritaSatu.com