Tito Karnavian Jenderal Polisi Pertama yang Jabat Mendagri

Tito Karnavian Jenderal Polisi Pertama yang Jabat Mendagri
Jenderal Tito Karnavian. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / RSAT Rabu, 23 Oktober 2019 | 09:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tito Karnavian ditunjuk menjadi menteri dalam negeri (Mendagri) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebelum dipercaya sebagai mendagri, Tito sebelumnya Kapolri. Dengan penunjukan itu, Tito Karnavian merupakan  jenderal polisi pertama yang menjabat Mendagri.

"Bapak Muhammad Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri," kata Jokowi di tangga teras Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Menurut Jokowi, Tito nantinya bertanggung jawab terkait urusan daerah. Jokowi pun berharap agar Tito memerhatikan kepastian hukum soal investasi di seluruh daerah.

Mendagri sebelumnya, Tjahjo Kumolo dipercaya menjabat menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (menpan). Dalam sebuah kesempatan, Tjahjo pernah menyebut bahwa jenderal polisi yang menduduki kursi mendagri.

"Selama ini jenderal TNI. Jenderal polisi belum. Tinggal kita lihat siapa mendagri baru," kata Tjahjo pada 5 Agustus 2019.

Tjahjo juga menyatakan, posisi mendagri tidak pernah diisi oleh orang yang sama secara berturut-turut. "Dalam sejarah enggak ada mendagri dua kali," ucap Tjahjo.



Sumber: Suara Pembaruan