Jabatan Baru Menunggu Tito, Gerbong Polri Bergerak

Jabatan Baru Menunggu Tito, Gerbong Polri Bergerak
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian ( Foto: BeritaSatu Photo / Emral Firdiansyah )
Farouk Arnaz / JAS Senin, 21 Oktober 2019 | 18:24 WIB

Jakarta, Beritasati.com - Gerbong Polri akan bergerak setelah Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin resmi dilantik Minggum 20 Oktober 2019. Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan mendapat jabatan baru.

Malam ini orang nomor satu di tubuh Polri itu mengumpulkan anak buahnya untuk melakukan konsolidasi internal khususnya dengan pati jenderal tiga.

“Tadi dipanggil pak presiden. Saya enggak (ikut) masuk. 1 jam. Terus kita balik. Kita ketemu sama Panglima TNI (Marsekal TNI Hadi  Tjahjanto) bicara soal keamanan. Mungkin ada semacam jabatan baru (untuk Tito),” kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri Senin (21/10/2019).

Sejumlah skenario pun mengemuka jika Tito akan dijadikan menteri. Bisa menteri dalam negeri atau menteri pendayagunaan aparatur negara.

Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto, yang akan pensiun pada Desember nanti disebut-sebut akan menggantikan posisi Tito untuk sementara.

Tito sudah menjabat Kapolri sejak Juli 2016 atau sudah lebih dari tiga tahun.

Jika jadi menteri maka Tito—yang berulang tahun setiap 26 Oktober itu—akan pensiun dini meski masa pensiunnya baru 2022 mendatang.



Sumber: BeritaSatu.com