Pelestarian Seni Budaya Wujud Nyata Bela Negara

Pelestarian Seni Budaya Wujud Nyata Bela Negara
Silaturahmi Dharma Wanita Persatuan Kemhan bertajuk "Dengan Beragam Budaya, Bersatu Menuju Indonesia Unggul", di Kantor Kemhan, Jakarta Kamis (17/10/2019). ( Foto: istimewa )
Bernadus Wijayaka / BW Kamis, 17 Oktober 2019 | 23:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kekayaan budaya dan seni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan bukti nyata Indonesia sebagai negara yang kuat bersatu.

Dengan menjunjung tinggi nilai adat-istiadat warisan budaya bangsa, Kementerian Pertahanan (Kemhan) senantiasa akan terus menjaga serta menumbuhkembangkan berbagai bentuk potensi. Hal itu guna meyakinkan setiap warga negara Indonesia untuk tetap setia dan cinta Tanah Air.

Mengawali acara silaturahmi Dharma Wanita Persatuan Kemhan bertajuk "Dengan Beragam Budaya, Bersatu Menuju Indonesia Unggul", di Kantor Kemhan, Jakarta Kamis (17/10/2019), Nora Ryamizard Ryacudu mengajak kepada seluruh anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemhan bahwa kegiatan dengan tujuan melestarikan budaya seni adat-istiadat daerah Nusantara harus terus dipertahankan.

Selain itu, Nora juga menyampaikan, berbagai pertujukkan seni dan pagelaran budaya yang telah ditampilkan ibu-ibu DWP Kemhan selama ini sejatinya merupakan salah satu dari wujud nyata bela negara.

"Merasa bangga bahwa kegiatan ini harus terus dijalankan dan digalakkan dengan pola dan pedoman yang sesuai dengan konsep bela negara dan cinta Tanah Air melalui berbagai karya nyata termasuk seni budaya," tegas Nora Ryamizard.

DWP Kemhan sejauh ini telah menggelar pegelaran seni budaya di 34 provinsi. Namun, pencapaian tersebut bukanlah merupakan akhir dari perjalanan dalam mewujudkan arti bela negara yang sesungguhnya. "Hampir tidak ada yang lewat, kita urut dari tiap-tiap provinsi secara bergantian," jelasnya.



Sumber: Suara Pembaruan