Kabinet Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Sudah Rampung

Kabinet Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Sudah Rampung
Ilustrasi kabinet kerja ( Foto: Investor Daily/David Gita Roza )
Carlos KY Paath / JEM Senin, 14 Oktober 2019 | 14:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Susunan kabinet pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) 2019-2024, Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf), sudah rampung. Meski begitu, Jokowi belum mengungkap nama-nama anggota kabinet.

“(kabinet) sudah (rampung),” kata Jokowi sebagaimana dikutip dari video di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/1/2019).

Menurut Jokowi, pengumuman kabinet juga berpeluang berlangsung seusai pelantikan Presiden dan Wapres pada 20 Oktobeber 2019. Meski begitu, bisa juga sehari setelah pelantikan.

“Mungkin bisa hari yang sama dengan pelantikan. Mungkin bisa sehari setelah pelantikan. Semua insyallah disiapkan,” ujar Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi memastikan kursi menteri untuk orang Papua. “Saya pastikan ada (menteri dari Papua). Saya pastikan ada,” ucap Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menerima perwakilan pelajar sekolah dasar Asmat dan Jayapura, Papua di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Sejumlah nama calon menteri bermunculan. Misalnya pendiri Gojek Nadiem Makarim. Nadiem disebut-sebut mewakili kalangan milenial, karena mampu dan sukses dalam mengelola perusahaan digital.

Berikutnya, nama Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena Wea juga digadang-gadang masuk kabinet. Andi Gani juga dikenal dekat dengan Jokowi dan merupakan pemimpin Konfederasi Buruh se-ASEAN.

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal berharap agar Presiden Jokowi mengangkat menteri ketenagakerjaan (menaker) dari unsur serikat buruh.

“Termasuk kami mengusulkan sebaiknya menaker dari serikat buruh,” kata Said di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (30/09/2019).

Menanggapi usulan kriteria menaker, Jokowi mengaku telah menerima banyak masukan. “Usulan ini kan banyak sekali. Usulan nama banyak. Usulan dari serikat juga baik. Saya kira semua kita tampung sebagai sebuah usulan yang baik,” ucap Jokowi.

Mantan Menteri Keuangan tahun 2013-2014, Chatib Basri juga disebut berpeluang mengisi pos menteri. Demikian halnya mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) dan pemilik Mahaka Media, Erick Thohir.
a



Sumber: Suara Pembaruan