Kesejahteraan Prajurit TNI Butuh Perhatian Pemerintah

Kesejahteraan Prajurit TNI Butuh Perhatian Pemerintah
Ilustrasi prajurit TNI. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / FER Kamis, 10 Oktober 2019 | 19:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat militer, John N Palinggi, berharap agar pemerintah menaruh perhatian serius terhadap kesejahteraan prajurit TNI. Dengan begitu, maka para prajurit fokus dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab menjaga keutuhan NKRI.

"Saya lihat baru di era Presiden Joko Widodo (Jokowi), peran TNI mulai dimunculkan. Semoga ke depan menjadi perhatian pemerintah. Persoalan kesejahteraan bisa lebih diperhatikan. Sejujurnya, saya menangis dalam hati melihat besaran anggaran TNI 'Sang Penjaga Negara' ini,” kata John dalam keterangan persnya seperti diterima Beritasatu.com, Kamis (10/10/2019).

Menurut John, pemerintah dan DPR semestinya mengalokasikan anggaran cukup signifikan kepada TNI, khususnya terkait kesejahteraan prajurit.

John menuturkan, perlu dibangun permukiman yang layak untuk prajurit TNI. Sebab, lanjut John, kondisi perumahan atau asrama perwira bisa dikatakan memprihatinkan. Misalnya di beberapa kantor Kodim atau kantor setingkat pada matra laut dan udara.

"Saya lihat itu atap sengnya masih sama dengan 35 tahun silam, sungguh memprihatinkan. Tolong, perlakukan TNI secara lebih layak. Ini ungkapan hati saya yang terdalam," ucap mantan Tim Asistensi Narasumber ABRI tersebut.

Mengacu pasal 2 Undang-undang (UU) Nomor 34/2004 tentang TNI, ada jaminan kesejahteraan. "Saya kira, sejauh ini anggaran yang disediakan negara untuk tiga matra plus hankam (pertahanan keamanan) sangat kurang," imbuh John.



Sumber: Suara Pembaruan