Pimpinan KPK Terpilih Bertukar Informasi Lewat Grup WhatsApp

Pimpinan KPK Terpilih Bertukar Informasi Lewat Grup WhatsApp
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (kanan) didampingi Juru Bicara Febri Diansyah usai konferensi pers di kantor KPK, Jakarta, Rabu 18 September 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Fana Suparman / FER Selasa, 1 Oktober 2019 | 22:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih, telah menjalin komunikasi melalui grup WhatsApp. Padahal, Pimpinan KPK periode 2019-2023 itu baru dilantik Presiden Joko Widodo pada 21 Desember 2019 mendatang.

Baca Juga: Skeptisme Publik Jadi Motivasi Pimpinan KPK Jilid V

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengatakan, grup WhatsApp tersebut diperuntukkan bagi pimpinan KPK terpilih untuk bertukar informasi. Termasuk mengenai perkembangan terbaru di KPK.

"Kita sudah punya grup malahan. Ya sudah setiap hari saja kan, butuh juga informasi-informasi di KPK supaya mereka juga lebih mengenal dan saya juga memberikan kira-kira perkembangan apa yang di KPK tentu sepanjang itu tidak rahasia saya sampaikan. Saya informasikan lalu dinamika di dalam KPK seperti apa," katanya Alex, sapaan Alexander Marwata di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Baca Juga: Pimpinan KPK Terpilih Harus Hilangkan Kelompok 'Taliban'

Alex diketahui merupakan Komisioner KPK Jilid IV yang kembali terpilih. Meski demikian, kata Alex, Ketua KPK terpilih, Firli Bahuri pernah menjadi Deputi Penindakan KPK sehingga sudah memahami pola kerja dan struktur organisasi di Lembaga Antikorupsi. Untuk itu, kata Alex, informasi-informasi di grup WhatsApp lebih ditujukkan pada tiga pimpinan lainnya, yakni Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron dan Nawawi Pomolango untuk mengetahui sistem kerja di KPK sebelum bekerja nantinya.

"Paling ke Pak Nawawi, Pak Ghufron sama Bu Lili. Bu Lili dua periode jadi komisioner LPSK dan kita punya koordinasi saya pikir nggak begitu kaget juga dia spesialis komisioner kayaknya kan. Untuk Pak Nawawi, saya pernah satu majelis. Artinya apa, ya sebetulnya nggak ada kendala apalagi ini kan sebelum pelantikan masih 3 bulan," kata Alex.

Baca Juga: Kisruh UU KPK, Jokowi Pertimbangkan Perppu

Alex mengatakan, Pimpinan KPK Jilid V terpilih beruntung lantaran masih ada waktu yang cukup panjang antara pemilihan di DPR hingga dilantik Desember nanti. Dengan waktu yang tersisa tiga bulan ini, Alex meyakini Pimpinan KPK Jilid V mampu bekerja dengan maksimal dan saling memahami.

"Mudah-mudahan waktu tiga bulan itu bisa kami gunakan untuk ya saling tune in lah supaya nanti itu lebih baik," pungkas Alex.



Sumber: Suara Pembaruan