Seluruh Kapolres di Sumut Harus Bisa Cegah Karhutla

Seluruh Kapolres di Sumut Harus Bisa Cegah Karhutla
Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto saat memimpin serah terima jabatan (Sertijab) lima kapolres di Markas Polda Sumut, Kamis (19/9/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Arnold H Sianturi )
Arnold H Sianturi / JAS Kamis, 19 September 2019 | 17:06 WIB

Medan, Beritasatu.com - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol Agus Andrianto memerintahkan seluruh kapolres untuk membangun koordinasi dengan pemerintah kabupaten maupun kota untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Berdayakan Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk mendeteksi karhutla di kabupaten maupun kota di daerah ini. Libatkan juga seluruh lapisan masyarakat,” kata Kapolda Sumut usai melantik lima kapolres jajaran Polda Sumut, Kamis (19/9/2019).

Menurut Kapolda, seluruh jajarannya harus bisa bersinergi dengan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran kabut asap akibat kebakaran hutan di luar Sumut. Kapolda juga tidak menampik ada titik api (hotspot) di Kabupaten Humbang Hasundutan dan Tapanuli Tengah.

"Untuk titik api di Humbang Hasundutan dan Tapanuli Tengah, sudah dapat dipadamkan oleh petugas kita bekerja sama dengan TNI, pemerintah dan masyarakat. Kita juga memantau hotspot lainnya. Bila memang ada langsung dipadamkan," sebutnya.



Sumber: Suara Pembaruan