Logo BeritaSatu
Daftar Bakal Calon Bupati Manggarai di PDIP

Ganggut Janji Memajukan Budaya Manggarai

Kamis, 19 September 2019 | 00:00 WIB
Oleh : Willy Grasias / EHD

Ruteng, Beritasatu.com – Ganggut Agustinus berjanji kalau terpilih menjadi Bupati Manggarai pada masa yang akan datang, ia akan memajukan budaya Manggarai. Ia berusaha mendatangkan banyak pelancong terutama dari mancanegara ke Manggarai.

Hal itu dikatakan Ganggut saat mendaftar diri ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Kabupaten Manggarai, di Ruteng, Jumat (17/9/2019) untuk menjadi calon Bupati Manggarai dalam Pilkada 2020. Ganggut mendaftar dengan sandi Agung ( Agustinus Ganggut ).

"Saya melamar di PDIP, karena partai ini salah satu partai terbesar di Kabupaten Manggarai. Partai ini memiliki kader solid yang dipimpin Bapak Paul Peos dan Sekretaris Aventus Mbejak," kata Gusty sapaan akrab pria yang sedang sekarang masih menjabat Staf ahli bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Kantor Bupati Manggarai saat mendaftar di kantor DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan , Manggarai NTT.

Dengan berbusana adat Manggarai, Ganggut berharap jika kelak terpilih dapat menjalankan tugas dengan konsep memuliakan budaya.

“Memualiakan budaya Manggarai akan meminimalisasi rasa paling super, paling hebat, paling baik dalam memimpin daerah ini. Sebab pemimpin adalah Landuk (pemimpin) tempat semua orang berharap,” kata Ganggut dengan penuh percaya diri. DPC PDIP Kabupaten Manggarai, NTT telah membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati. Pada Jumat (17/9/2019).

Sedangkan, Agustinus Ampur sebagai Ketua Gerakan Relawan Pendukung Agustinus Ganggut yang disingkat Gardu-Agung menyatakan pihaknya dukung Agustinus Ganggut sebagai pendatang baru dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) bukan karena ABK ( Anaknya Bapak Kobus ) petinggi daerah ini masa silam, namun integritas calon ini dapat diharapkan.
Pendaftaran Agustinus Ganggut disambut hangat petinggi PDIP Manggarai, sebab ini merupakan paket pertama yang didaftar sejak dibuka pada Jumat (17/9/2019).

Dalam sambutanya, Avent Mbejak menyatakan pihaknya membuka ruang seluas-luasnya bagi siapa pun untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah, baik dari internal kader maupun diluar kader.

"Kami tidak mempunyai niat demokrasi yang digulirkan selama ini menjadi tercoreng dengan sistem diam-diam dan atau baypas menerima dan mengusung calon. Sebagai partai terbuka, santun dan cerdas, PDI P mengakomodasi siapa pun untuk bertarung di Pilkada Manggarai 2020,” katanya.

Avent menambahkan, berdasarkan amanah Undang-undang dalam proses perekrutan bakal calon bupati. “Ini hanya tahapan awal, bagian dari suatu proses dan nanti ada proses-proses lanjutannya. Setelah ini kami akan verifikasi dan nanti akan sampaikan kepada para bakal calon yang sudah mendaftar dan merekomendasikan ke DPD DPI Perjuangan Nusa Tenggara Timur,” kata Advent.

Mekanisme pengusungan PDIP, lanjut dia, setelah DPC merekomendasikan para bacalon ke DPD PDI Perjuangan NTT, tim kepengurusan di provinsi NTT akan melanjutkan rekomendasinya ke DPP PDIP di Jakarta.

Hal itu juga berdasarkan hasil survey elektabilitas sebagai pegangan partai, sehingga momentum pendaftaran terbuka yang memberikan kesempatan baik ini bisa digunakan oleh siapa saja yang berkeinginan maju pada perhelatan Pilkada Manggarai 2020.

“Setelah ini silahkan turun ‘ke bawah’ menyampaikan pada masyarakat bahwa sudah melamar ke PDI Perjuangan masuk dalam radar untuk disurvey. Karna bagaimana pun hasil surey itu sangat penting, itu menjadi salah satu indikator siapa nanti calon yang akan diputuskan oleh PDI Perjuangan,” ujar Advent.

Selain survey elektabilitas, PDI Perjuangan juga akan melakukan tes psikologi yang diberlakukan secara nasional dan diikuti oleh semua bakal calon Kepala Daerah yang diselenggarakan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIPSI). “Semua tahapan ini dilakukan secara profesional,” lanjut Advent.

Usai menyerakan dokumen pendaftaran kepada wartawan Agustinus Ganggut menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pendekatan kepada semua Partai kecuali Partai Amanat Nasional (PAN) karena ada pemiliknya.

"Saya dalam mengikuti tahapan pilkada Manggarai ini melakukan pendekatan kepada semua Partai untukdipertimbangkan sesuai visi misi dan program yang saya tawarkan dan semoga menjadi pertimbangan untuk diusung, kecuali Partai Amanat Nasional" katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA

Tim SAR Lanjutkan Pencarian Korban Tenggelam di Pelabuhanratu

Tim SAR gabungan bersiaga dan melanjutkan pencarian korban tenggelam kecelakaan laut di Pantai Kebonkalapa Citepus, Pelabuhanratu, Sukabumi.

NASIONAL | 20 September 2021

Antisipasi Tsunami Terulang, BMKG Sempurnakan Sistem Peringatan Dini

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pihaknya dan kementerian/lembaga terkait sedang menyempurnakan sistem gempabumi dan peringatan dini tsunami.

NASIONAL | 19 September 2021

Dirtipidum: Napoleon Pukuli dan Lumuri M Kece dengan Kotoran

Hasil pemeriksaan perkara penganiayaan yang dialami Muhammad Kece di Rutan Bareskrim Polri terungkap bahwa Napoleon Bonaparte memukuli dan melumuri kotoran

NASIONAL | 19 September 2021

Komisi I DPR Dukung Peremajaan Alutsista Koamarda II Surabaya

Komisi I DPR mendukung peremajaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) Koarmada II Surabaya.

NASIONAL | 19 September 2021

9 Nakes Korban Kekerasan KKB Jalani Pemulihan Trauma

Sebanyak sembilan tenaga kesehatan korban kekerasan d Kiwirok, Pegunungan Bintang, Provinsi Papua pada Senin (13/9/2021)saat ini menjalani pemulihan trauma

NASIONAL | 19 September 2021

Mulai 25 September, Denpasar Terapkan Ganjil Genap di Daerah Tujuan Wisata

Polrestra Denpasar akan menerapkan peraturan lalu lintas berupa penyekatan ganjil genap bagi kendaraan di Daerah Tujuan Wisata (DTW) mulai 25 September 2021.

NASIONAL | 19 September 2021

Wasekjen Demokrat Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Guru Honorer

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Irwan meminta pemerintah memperhatikan nasib para guru honorer.

NASIONAL | 19 September 2021

BNPT: Sikap Intoleran Sebabkan Bencana, Hargai Perbedaan

Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, sikap intoleran terhadap agama dapat menyebabkan bencana sehingga mengajak masyarakat untuk menghargai perbedaan

NASIONAL | 19 September 2021

Ini Isi Lengkap Surat Terbuka Irjen Napoleon Soal Penganiayaan M Kece

Irjen Napoleon Bonaparte menuliskan surat terbuka terkait dugaan penganiayaan terhadap Muhammad Kece atau Muhammad Kace. Ini isi lengkap surat tersebut.

NASIONAL | 19 September 2021

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Mukomuko

Sebanyak 108 rumah warga Desa Rawa Mulya Kecamatan XIV Koto, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, sejak Sabtu (18/9/2021) sampai Minggu (19/9/2021) terendam banjir.

NASIONAL | 19 September 2021


TAG POPULER

# Myanmar


# Mujahidin Indonesia Timur


# Napoleon Bonaparte


# Pengobat Alternatif Ditembak


# Manchester United



TERKINI
IHSG Melemah di Awal Perdagangan

IHSG Melemah di Awal Perdagangan

EKONOMI | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings