Cabup Alor Gugat Gugat SK Kemdagri Soal Pengangkatan Cabup Cawabup

Cabup Alor Gugat Gugat SK Kemdagri Soal Pengangkatan Cabup Cawabup
Imanuel E Blegur ( Foto: Istimewa )
Fana Suparman / Asni Ovier / AO Senin, 16 September 2019 | 09:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Alor tahun 2018 nomor urut 1, Imanuel E Blegur dan Taufik Nampira menggugat Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri). Mereka mengguggat karena Kemdagri telah mengeluarkan surat keputusan (SK) pengangkatan pasangan petahana cagub dan cawagub nomor urut 2, Amon Djobo dan Imran Duru di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Dalam surat gugatan yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Senin (16/7/2019) disebutkan, Imanuel Blegur dan pasangannya Taufik Nampira meminta PTUN Jakarta membatalkan SK Mendagri Nomor 131 53 8772, tertanggal 21 Desember 2018, tentang Pengangkatan Bupati Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Mereka juga meminta pembatalan terhadap SK Mendagri Nomor 132 53 8773, tertanggal 21 Desember 2018, tentang Pengangkatan Wakil Bupati Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sidang perdana gugatan itu digelar PTUN Jakarta pada 11 Juni 2019. Saat ini persidangan telah memasuki persidangan ketujuh yang akan digelar pada Selasa (17/9/2019). Persidangan besok mengagendakan mendengar keterangan kesaksian ahli yang diajukan penggugat, yakni ahli hukum administrasi negara yang juga guru besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) Anna Erliyana.

Setelah persidangan ketujuh, sidang akan dilanjutkan dengan penyampaian kesimpulan penggugat dan tergugat. Selanjutnya, majelis hakim akan membacakan putusan pada sidang berikutnya.



Sumber: Suara Pembaruan