Uji Calon Berakhir, Voting Pemilihan Pimpinan KPK Digelar

Uji Calon Berakhir, Voting Pemilihan Pimpinan KPK Digelar
Suasana penghitungan suara calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Robertus Wardi / HA Jumat, 13 September 2019 | 00:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi III DPR menggelar pemungutan suara atau voting untuk memilih pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Voting dimulai pukul 00.00 WIB, Jumat (13/9/2019) dipimpin Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin dari Fraksi Partai Golkar.

Azis mengemukakan jumlah anggota Komisi III yang ikut voting mencapai 56‎ orang. Voting dilakukan secara terbuka dengan melingkari nama pimpinan yang dipilih pada kertas yang telah disiapkan.

"Nanti kita‎ memilih lima dari 10 Calon Pimpinan (Capim). Kalau pilih enam dinyatakan gugur. Tapi kalau pilih empat tetap kita pakai. Itu berarti dia tidak menggunakan satu hak suaranya," kata Aziz.

‎Ia menjelaskan setelah memilih lima nama, tahap berikutnya adalah memilih satu dari lima nama yang ada untuk menjadi Ketua KPK. Dari situ, baru pemilihan KPK selesai.

Sebagaimana diketahui, ada 10 capim KPK yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III, yang dgelar sejak Rabu (11/9/2019).

Hingga berita ini diturunkan proses voting masih berlangsung dan ditargetkan selesai pukul 02.00 WIB.



Sumber: Suara Pembaruan