Johanis Tanak: KPK Bekerja Lampaui Batas Kewenangan

Johanis Tanak: KPK Bekerja Lampaui Batas Kewenangan
Calon Pimpinan KPK Johanis Tanak saat uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (12/9/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Yeremia Sukoyo / HA Kamis, 12 September 2019 | 18:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johanis Tanak menilai lembaga antikorupsi tersebut sudah bekerja melampaui kewenangannya, saat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Di hadapan Komisi III DPR, Johanus yang berlatarbelakang Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung menjelaskan selama ini dirinya melihat ada perbuatan yang melampaui batas kewenangan yang dilakukan KPK ketika menuntaskan suatu perkara korupsi.

"Di KPK saya melihat adanya suatu perbuatan yang dilakukan yang melampuai batas kewenangan," kata Johanis.

Dirinya mencontohkan, adanya putusan yang dilimpahkan KPK ke Pengadilan Tipikor dan diputus serta dihukum perkaranya, idealnya dieksekusi oleh Kejaksaan. Namun, ketika melakukan eksekusi atau menjebloskan terpidana ke penjara, dilakukan sendiri oleh KPK.

"Ini adalah melampaui batas kewenangan, melampaui UU. Idealnya KPK meminta bantuan Kejaksaan Agung sebagai eksekutor, kemudian Jaksa Agung memerintahkan jaksa yang ada di KPK mengeksekusi perkara tersebut," ucapnya.



Sumber: Suara Pembaruan