Capim Nurul Ghufron Bantah Tak Taat Laporkan Hartanya

Capim Nurul Ghufron Bantah Tak Taat Laporkan Hartanya
Calon Pimpinan KPK  Nurul Ghufron saat uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (11/9/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Fana Suparman / CAH Kamis, 12 September 2019 | 06:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron membantah isu yang menyebut dirinya tidak taat melaporkan hartanya secara berkala. Bantahan itu disampaikan Nurul Ghufron saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR, Rabu (11/9/2019).

"Sekali lagi kami bantah kami tidak melaporkan atau tidak taat pada LHKPN," tegasnya.

Nurul Ghufron mengaku rutin menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK sejak menjabat Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember pada 2016 lalu. Nurul mengaku terakhir melaporkan hartanya pada Maret 2019.

"Tentang LHKPN, sebagaimana dipertanyakan kami oleh Pansel, kami memang dipertanyakan dianggap terlambat padahal kami dari kewajiban kami sebagai dekan itu sejak 2016, 2017, 2018 yang terakhir Maret 2019 kemarin. Untuk 2018 sudah kami penuhi juga," katanya.

Bahkan, Nurul mengaku siap membuktikan pernyataannya. Menurutnya dengan sistem LHKPN elektronik saat ini, tak sulit untuk membuktikan ketaatannya melaporkan harta secara berkala.

"Nanti kalau perlu kami buktikan email dari yang terakhir. Kan LHKPN pakai yang eletronik, jawabannya nanti bisa kami buktikan, kami print-kan," katanya.



Sumber: Suara Pembaruan