Lokasi Ibu Kota Baru Berada di Tengah Indonesia

Lokasi Ibu Kota Baru Berada di Tengah Indonesia
Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla (kanan) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil (kiri), mengumumkan ibu kota baru di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 26 Desember 2019. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / AB Senin, 26 Agustus 2019 | 14:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan lokasi calon ibu kota baru Republik Indonesia, yakni di wilayah Kabupaten Panajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Lokasinya juga strategis, karena berada di tengah-tengah Indonesia.

"Hasil kajian menyimpulkan lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kaltim," kata Presiden di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Jokowi mengungkapkan wilayah Provinsi Kaltim diputuskan menjadi lokasi ibu kota karena sejumlah aspek. Misalnya, minimnya risiko bencana seperti banjir, gempa, tsunami, kebakaran, gunung berapi, dan tanah longsor.

Selain berada di tengah Indonesia, lokasi ibu kota baru juga berdekatan dengan wilayah perkotaan yang sudah berkembang, yaitu Balikpapan dan Samarinda. Infrastruktur di Balikpapan dan Samarinda juga lengkap.

"Tersedia lahan seluas 180.000 hektare yang dikuasai pemerintah," ucap presiden.



Sumber: Suara Pembaruan