Kontak Senjata di Wamena, 1 Anggota KKB Tewas, 1 Polisi dan Satpol PP Tertembak

Kontak Senjata di Wamena, 1 Anggota KKB Tewas, 1 Polisi dan Satpol PP Tertembak
Proses evakuasi warga Papua yang diisolasi kelompok kriminal bersenjata (KKB). ( Foto: Polda Papua )
Robert Isidorus / FMB Jumat, 23 Agustus 2019 | 14:49 WIB

Jayapura, Beritasatu.com - Kontak tembak antara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan aparat kambali terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya pada Jumat (23/8/2019) pagi.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda mengungkapkan, kontak tembak ini terjadi saat Kapolres bersama Wakil Bupati dan Dandim Jayawijaya melakukan patroli rutin. Namun saat tiba di pasar Jibama, tiba-tiba masyarakat lari berhamburan keluar dari pasar.

"Saat kita mendeteksi ada sejumlah warga sekitar lima orang yang masuk pasar dengan membawa senjata api jenis SS1. Kita minta untuk menurunkan senjata, tetapi malah orang-orang tersebut melawan dan melepas tembakan ke arah anggota, sehingga anggota kita langsung membalas tembakan itu," kata Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda saat dikonfirmasi, Jumat (23/8/2019) sore.

Dikatakan, dari kontak senjata itu,  seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) meninggal dunia, satu anggota polisi dan satu anggota satpol PP mengalami luka tembak.

"Dari kelompok kriminal bersenjata ada satu yang meninggal, sementara empat orang lainnya berhasil lari dengan membawa satu pucuk senjata api jenis SS1. Sementara dari anggota kita ada satu yang mengalami luka tembak dan satu anggota Satpol PP luka tembak. Keduanya sementara menjalani perawatan medis di RS Wamena," ungkapnya.

"Dari lokasi penembakan itu, kita berhasil mengamankan satu pucuk pistol revolver dan 13 butir amunisi," tambahnya.

Kapolres mengaku bahwa pelaku penembakan diduga merupakan anggota KKB pimpinan Egianus Kogoya.

"Dugaan kita ini dari kelompok kriminal bersenjata pimpinan Egianus Kogoya karena ia sudah sampaikan bahwa akan menyerang Kota Wamena. Jadi dugaan kita ini anggotanya Egianus," terangnya.

Kapolres menambahkan bahwa untuk saat ini, situasi di Kota Wamena sudah kembali kondusif. Warga sudah beraktivitas seperti biasa.

"Pascapenembakan tadi pagi, situasi saat ini (sore) sudah kembali kondusif. Tapi anggota kita masih melakukan patroli rutin mewaspadai kelompok ini kembali menyerang," tandasnya.



Sumber: Suara Pembaruan