6 Zat dalam Akar Bajakah yang Diyakini Sembuhkan Kanker Payudara

6 Zat dalam Akar Bajakah yang Diyakini Sembuhkan Kanker Payudara
Akar Bajakah di Hutan Palangkaraya, Kalimantan Tengah ( Foto: Youtube Adit Makarti )
Winda Ayu Larasati / WIN Senin, 19 Agustus 2019 | 18:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Akar bajakah akhir-akhir ini menjadi viral di media sosial lantaran menjadi tanaman yang diyakini dapat menyembuhkan kanker payudara. Hasil penelitian sederhana dilakukan oleh dua siswi SMA 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah yakni Aysa Aurelaysa Maharani dan Anggina Rafitri.

Sebelumnya dua siswi tersebut meraih medali emas lantaran memperkenalkan tanaman akar bajakah tunggal sebagai obat kanker payudara dalam ajang World Invention Creativity di Seoul, Korea Selatan.

Guru Pendamping Siswa SMA Negeri 2 Palangkaraya Helita mengkonfirmasi akar bajakah tersebut dapat menyembuhkan penyakit kanker payudara. Namun, menurutnya hal itu harus diteliti lebih lanjut.

"Iya betul, untuk kanker payudara," kata Helita melalui sambungan telepon kepada Lunch Talk BeritaSatu TV, Senin (19/8/2019).

Helita juga menyebutkan ada enam zat yang terkandung dalam akar bajakah tersebut.

"Ada enam kandungan dalam akar bajakah tersebut yakni ada terpenoid, steroid, tannin, alkonoid, fenolik, saponin," sambung Helita.

Ia juga mengatakan ia dan dua siswinya menguji senyawa metabolisme yang terkandung dalam akar bajakah tersebut berdasarkan pengujian, analisa dari sejumlah literatur.

Helita menyayangkan soal akar bajakah yang banyak dijual secara online maupun konvensional, menurutnya akar bajakah tersebut bukan yang dimaksud menyembuhkan kanker payudara. Menurutnya ada banyak jenis akar bajakah, dan yang ia serta dua siswinya teliti, bukan jenis bajakah tersebut.



Sumber: BeritaSatu TV