Rencana Pindah Ibu Kota, Prabowo: Itu Perjuangan Gerindra Sejak Lama

Rencana Pindah Ibu Kota, Prabowo: Itu Perjuangan Gerindra Sejak Lama
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua kiri) bersama Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kedua kanan) menyapa wartawan usai menggelar pertemuan di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (15/8/2019). Pertemuan kedua petinggi partai itu membahas pertukaran gagasan tentang masalah kebangsaan serta silaturahmi pasca-Pilpres. ( Foto: ANTARA FOTO / Indrianto Eko Suwarso )
Willy Masaharu / JAS Sabtu, 17 Agustus 2019 | 16:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto setuju dengan rencana pemindahan Ibu Kota Jakarta ke Pulau Kalimantan. Sebab, kata dia, pemindahan Ibu Kota adalah perjuangan Partai Gerindra sejak lama.

"Pemindahan Ibu Kota merupakan perjuangan Gerindra sejak lama, dari 2014 sudah kami perjuangkan pemindahan Ibu Kota," kata Prabowo, di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2019).

"(Setuju dipindahkan?) Ya, itu perjuangan kamisudah lama," katanya.

Meski begitu, Prabowo meminta ada penelitian yang komprehensif terkait rencana pemindahan Ibu Kota. Hal itu, lanjutnya, perlu dilakukan agar rencana pemindahan Ibu Kota bisa disetujui semua pihak.

"Tapi tentu pindah Ibu Kota perlu penelitian yang baik, tempat di mana, bisa diterima semua pihak dan biaya juga tidak ringan," ungkapnya.

Prabowo tidak berbicara banyak soal di mana lokasi paling bagus untuk dijadikan Ibu Kota. Menurut dia, perlu ada pakar untuk menentukan lokasi terbaik. "Harus dicari, cari pakar dan konsensus yang baik ya," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi, dalam Pidato Kenegaraan 2019, meminta izin Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta. Presiden menegaskan, ibu kota akan dipindahkan ke Pulau Kalimantan.

"Izin memindahkan ibu kota ke Kalimantan," ujar Presiden Jokowi di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019). 



Sumber: Suara Pembaruan