Tingkatan Keselamatan, Kemenhub Bersih-Bersih Rambu Lalu Lintas

Tingkatan Keselamatan, Kemenhub Bersih-Bersih Rambu Lalu Lintas
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemhub Budi Setiyadi menjelaskan gerakan bersih-bersih perlengkapan lalu lintas jalan (Sipantas Jalan) di 25 provinsi secara serentak pada Selasa, 13 Agustus 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Thresa Sandra Desfika )
Thresa Sandra Desfika / CAH Selasa, 13 Agustus 2019 | 12:27 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemhub) menggelar gerakan bersih-bersih perlengkapan lalu lintas jalan (Sipantas Jalan) di 25 provinsi secara serentak pada Selasa (13/8/2019). Melalui gerakan tersebut, ditargetkan sekitar 5.000 rambu lalu lintas bisa dibersihkan dalam satu hari.

Adapun kegiatan yang dimaksud, dipusatkan di Taman Riung Gunung, Puncak, Bogor. Dalam menggelar gerakan Sipantas Jalan, Kemhub menggandeng dinas perhubungan setempat, PT Jasa Raharja, dan Kepolisian.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemhub Budi Setiyadi menjelaskan, gerakan ini dilaksanakan untuk mengembalikan fungsi perlengkapan jalan sehingga meningkatkan keselamatan lalu lintas.

"Dalam kegiatan ini, kami menargetkan setidaknya ada 200 perlengkapan jalan yang dibersihkan di setiap BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) atau provinsi,” jelas Budi di sela kegiatan Sipantas Jalan, Bogor pada Selasa (13/8/2019).

Selain itu, kata Budi, gerakan Sipantas Jalan ini juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa perlengkapan jalan adalah bagian dari fasilitas keselamatan yang harus dipelihara dan dijaga bersama.

"Kegiatan Sipantas Jalan juga dalam rangka rangkaian memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-74 pada 17 Agustus 2019 dan Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada September nanti," lengkap Budi.

Ke depannya, ungkap Budi, kegiatan Sipantas jalan ini akan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan di seluruh wilayah BPTD. “Nantinya BPTD akan melaksanakan kegiatan ini rutin bersama dengan stakeholders lainnya," papar Budi.

Di tempat yang sama, Direktur Operasional PT Jasa Raharja Amos Sampetoding mengungkapkan, pihaknya menyambut antusias kegiatan Sipantas Jalan karena bagian dari upaya peningkatan keselamatan lalu lintas jalan yang pada akhirnya bisa mengurangi kecelakaan.

"Gerakan ini kami dukung dan kami lapor dalam rangkaian ini kami pada pekan lalu, 4.500 rambu di seluruh Indonesia sudah dibersihkan," ujar Amos.



Sumber: BeritaSatu.com