Masyarakat Harus Ikut Kembangkan Pariwisata di Labuan Bajo

Masyarakat Harus Ikut Kembangkan Pariwisata di Labuan Bajo
Sarasehan pariwisata di Labuan Bajo, Senin (29/7/2019). ( Foto: beritasatu.com / Willy Grasias )
Willy Grasias / EHD Selasa, 30 Juli 2019 | 21:18 WIB

Labuan Bajo, Beritasatu.com – Kehadiran Badan Otoritas Pengelola Kawasan Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOP – LBF) dapat mempercepat pengembangan pariwisata di Labuan Bajo dan Flores. "Kita harus menyadari ikutan dari penetapan Labuan Bajo sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) adalah BOP,” kata Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Agustinus CH Dula. Gusti Dula mengatakan itu dalam sarasehan dan seminar yang dilaksanakan di Labuan Bajo, Senin (29/7/2019).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo ketika melakukan kunjungan kerja beberapa waktu lalu mengatakan kehadiran BOP – LBF sangat berguna dalam rangka melakukan penataan kawasan pariwisata di Labuan Bajo dan sekitarnya. Untuk itu, dia berharap agar semua kegiatan BOP Labuan Bajo harus berorientasi kepada kepentingan rakyat.

Pelaksana Harian Direktur Utama BOP-LBF, Frans Teguh, menjelaskan, momentum ini menjadi sangat penting bagi pembangunan pariwisata di Labuan Bajo dan kawasan wisata lainnya di Pulau Flores.

"Ini tantangan kita semua karenanya kita yang hadir saat ini dapat memberi masukan sekaligus mendengarkan rekomendasi apa saja dalam rangka menjawab tantangan publik di sektor pariwisata khususnya. Masyarakat harus memberikan dukungan dalam pengembangan pariwisata di Labuan Bajo,” kata Frans, yang juga Staf Ahli Menpar itu.

Berdasarkan Pasal 14 Peraturan Presiden Nomor 32/2018 tentang Badan Otoritas Pengelola Kawasan Pariwisata Labuan Bajo Flores, tugas utama BOP – LBF adalah melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan fasilitasi terhadap perencanaan, pengembangan, pembangunan, dan pengendalian di Kawasan Pariwisata Labuan Bajo Flores.

Selain itu, BOP – LBF juga melakukan perencanaan, pengembangan, pembangunan, pengelolaan, dan pengendalian di Kawasan Pariwisata Labuan Bajo Flores.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14, Badan Pelaksana menyelenggarakan fungsi yakni penyusunan Rencana Induk di Kawasan Pariwisata Labuan Bajo Flores, penyusunan Rencana Detail Pengembangan dan Pembangunan di Kawasan Pariwisata Labuan Bajo Flores.

Pelaksanaan koordinasi, sinkronisasi, dan fasilitasi terhadap perencanaan, pengembangan, pembangunan, dan pengendalian di Kawasan Pariwisata Labuan Bajo Flores.