Selasa, Bawaslu Tentukan Sikap Atas Perbaikan Permohonan Prabowo-Sandi

Selasa, Bawaslu Tentukan Sikap Atas Perbaikan Permohonan Prabowo-Sandi
Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandi Bambang Widjojanto hadir pada persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jumat (14/6/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Yustinus Paat / WM Sabtu, 15 Juni 2019 | 11:06 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menyatakan, pihaknya akan menentukan sikap atas perbaikan permohonan sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) Pilpres yang diajukan Prabowo-Sandi pada persidangan berikutnya Selasa (18/6/2019) mendatang. Bawaslu belum mengambil sikap atas permohonan Prabowo-Sandi yang dibacakan pada sidang pemeriksaan pendahuluan.

"Bagaimana sikap Bawaslu menerima permohonan 24 Mei atau hari ini, tergantung pada sikap Bawaslu di hari Selasa," ujar Fritz, di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2019).

Fritz mengakui bahwa pihaknya masih berpegang pada permohonan Prabowo-Sandi versi 24 Mei 2019 dalam memberikan keterangan ke MK. Meskipun demikian, kata dia, sejumlah data dan dokumen yang terkait dengan perbaikan permohonan Prabowo-Sandi, sudah disiapkan Bawaslu.

"Karena kami belum dapat salinan (perbaikan) dari MK jadi kami belum merespons atau belum menyusun. Meskipun data-datanya sudah kami kumpulkan," ungkap dia.

Bawaslu, kata dia, tentunya akan merespons dan menjalankan apa yang diperintah hakim MK dalam persidangan PHPU Pilpres ini. Bawaslu akan merespon sesuai dengan kapasitas dan kewenangan Bawaslu dalam proses pemilu.

"Saat MK memerintahkan Bawaslu untuk memberikan jawaban tertulis terhadap pokok permohonan apapun itu akan kami respons pada waktunya,"  katanya.



Sumber: BeritaSatu.com